Depan > Kemasyarakatan > Plt Bupati Timbul Buka Pelaksanaan Porkab VII 2021

Plt Bupati Timbul Buka Pelaksanaan Porkab VII 2021

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Probolinggo ke-VII tahun 2021 resmi dibuka oleh Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko di GOR Sasana Krida Kota Kraksaan, Senin (29/11/2021) pagi. Porkab 2021 ini mengambil tema ”Meraih Prestasi Untuk Negeri”.

Pembukaan Porkab 2021 ini dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat dengan undangan terbatas dan tidak dihadiri oleh penonton. Rangkaian pembukaan juga dilaksanakan secara sederhana dengan hanya menampilkan beberapa atraksi atlet cabang olahraga (cabor). Selain itu, kontingen devile dari 24 kecamatan hanya diikuti oleh 2 orang dari tiap kecamatan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo David Palapa Duarsa, pengurus KONI Provinsi Jawa Timur, sejumlah Kepala OPD dan Camat, Ketua Cabang Olahraga (cabor) di Kabupaten Probolinggo serta atlet peraih medali di PON XX Papua tahun 2021.

Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko mengungkapkan pelaksanaan Porkab Probolinggo tahun 2021 dilaksanakan mulai 29 Nopember hingga 8 Desember 2021 dengan mempertandingkan 14 cabang olahraga (cabor) meliputi renang, catur, balap sepeda, pencak silat, bulutangkis, bola voli, basket, bola tangan, futsal, sepakbola, sepaktakraw, hockey, tenis meja dan atletik yang memperebutkan 188 keping medali dan 48 tropy.

“Porkab 2021 diikuti 1.628 atlit yang tergabung dalam 24 kontingen dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Probolinggo yang terdiri dari 1.158 atlet putra dan 470 atlet putri. Lokasi penyelenggaraan dilaksanakan di 8 (delapan) tempat meliputi GOR Sasana Krida Kraksaan, GOR Wijaya Maron, Stadion Gelora Merdeka Kraksaan, Kolam Renang Jabung, SMPN 1 Kraksaan, SMKN 2 Kraksaan, Pendopo Kecamatan Kraksaan serta Lapangan Futsal Eksekutif Bulu Kraksaan,” ujarnya.

Sugeng mengharapkan Porkab VII tahun 2021 tidak hanya sukses prestasi saja tetapi juga sukses penyelenggaraan dan sukses pasca Porkab. Semua kegiatan dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Mengingat penyelenggaraannya dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19.

“Saya berharap kepada semua atlet untuk menjunjung tinggi sportifitas dalam pertandingan pada Porkab VII tahun 2021 ini. Setiap kontingen dari 24 kecamatan ini boleh saling bersaing tetapi harus tetap mengedepankan sportifitas demi melahirkan atlet-atlet masa depan Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Sementara Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengatakan meskipun sempat mengalami penundaan sebagai konsekuensi pandemi Covid-19 dan posisi Kabupaten Probolinggo yang berada pada Level 3 PPKM beberapa waktu lalu, penyelenggaraan Porkab Probolinggo kali ini merupakan momentum yang sangat penting bagi pembinaan olahraga prestasi di Kabupaten Probolinggo.

”Di masa pandemi, kita masih mampu menyelenggarakan event Porkab di Kabupaten Probolinggo. Saya apresiasi upaya jajaran pengurus KONI dan semua Pengkab Cabor yang dengan semangat telah merencanakan kegiatan Porkab 2021 ini dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat,” katanya.

Plt Bupati Timbul mengajak semua atlet, para pembina olahraga, pengurus cabang olahraga dan KONI Kabupaten Probolinggo untuk berbuat yang terbaik bagi upaya peningkatan prestasi olahraga di Kabupaten Probolinggo, karena pada hakekatnya peningkatan prestasi olahraga di Kabupaten Probolinggo adalah merupakan tanggung jawab kita bersama.

”Penyelenggaraan Porkab Probolinggo kali ini tentunya merupakan salah satu langkah awal persiapan kita menjelang penyelenggaraan Pekan Olahraga Propinsi Jawa Timur pada tahun 2022. Karena melalui kegiatan semacam inilah kita dapat menggali potensi dan mengetahui secara pasti prestasi yang telah dicapai oleh para atlet Kabupaten Probolinggo, terutama kepada atlet kita yang telah memberikan kontribusi terbaik untuk kontingen Jawa Timur pada penyelenggaraan PON XX di Papua,” jelasnya.

Menurut Plt Bupati Timbul, saat ini perkembangan prestasi olahraga Kabupaten Probolinggo sudah menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Ada beberapa cabang olahraga yang telah mampu membawa harum nama Kabupaten Probolinggo dikancah regional, nasional maupun internasional antara lain cabor bulu tangkis, anggar, catur, taekwondo, balap sepeda, tinju dan lain sebagainya.

”Peningkatan prestasi tersebut tentunya tidak semudah kita membalikkan telapak tangan, karena pada hakekatnya semua pembinaan cabang olahraga membutuhkan sport science, waktu dan proses yang sangat cukup panjang, perencanaan yang sangat sistematis dan berjenjang serta memiliki sasaran yang ingin dicapai secara jelas,” terangnya.

Oleh karena itu, Plt Bupati Timbul mengajak segenap pengurus cabor dan para atlet untuk senantiasa fokus dalam menjalani program latihan dan membuka ruang kesempatan yang seluas-luasnya bagi para atlet untuk mengikuti kompetisi dan kejuaraan-kejuaraan di tingkat regional, nasional bahkan internasional agar para atlet memiliki jam terbang dan pengalaman yang cukup guna peningkatan prestasinya. (wan)

https://probolinggokab.go.id/wp-content/uploads/2019/01/slotmaxwin/ https://bali.bawaslu.go.id/assets/artikel/slotgacormaxwin/ https://slot.papuabaratprov.go.id slot slot pulsa