Monday, May 20, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Tanam 5000 Bibit Mangrove di Pantai Bahak

Tanam 5000 Bibit Mangrove di Pantai Bahak

Reporter : Mujiono
TONGAS – Untuk meningkatkan kelestarian alam dan lingkungan hidup, Pelindo bersinergi dengan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Probolinggo melakukan penanaman 5000 bibit mangrove di kawasan konservasi Pantai Bahak Indah (PBI) Desa Curah Dringu Kecamatan Tongas, Senin (29/11/2021).

Terkait dengan banyaknya isu-isu lingkungan belakangan ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo bersama HKTI berupaya menjaga kelestarian dan keseimbangan lingkungan melalui program kegiatan penanaman 5000 mangrove yang melibatkan para perempuan-perempuan tani khususnya di wilayah Kecamatan Tongas yang didukung penuh PT. Pelindo dan PT. POMI-Paiton Energy.

Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari, Ketua HKTI Kabupaten Probolinggo dr. Mirrah Samiyah dan Ketua HKTI Provinsi Jawa Timur Dr. Lia Istifhama, Kepala Manager SDM PT. Pelindo Jujuk Juarsih dan CSR Manager PT. POMI-Paiton Energy Bambang Jiwantoro.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari menjelaskan kegiatan konservasi tanaman mangrove ini dapat menambah keindahan pantai dan mengantisipasi adanya hantaman-hantaman gelombang laut.

“Selain itu, tanaman mangrove mencegah erosi, hutan mangrove juga menjadi tempat habitat ikan-ikan. Spesies seperti udang, kepiting dan ikan berkembang biak dengan baik di kawasan mangrove. Sehingga mangrove bisa membantu makhluk hidup lain,” katanya.

Sementara Ketua HKTI Provinsi Jawa Timur Dr. Lia Istifhama menyatakan kegiatan ini merupakan bentuk wujud kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. Mangrove berperan untuk penyerap polutan, mencegah intrusi air laut, penelitian dan pendidikan, penyimpan karbon yang tinggi, pengembangan wisata alam dan tempat berkembang aneka biota laut. “Program penanaman pohon mangrove sering kali dilakukan sebagai pohon pelindung maupun pohon mangrove dalam mencegah abrasi,” ujarnya.

Sedangkan Ketua HKTI Kabupaten Probolinggo dr. Mirrah Samiyah menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT. Pelindo dan PT. POMI-Paiton Energy yang telah mensupport penuh pada kegiatan penanaman 5000 bibit mangrove di kawasan konservasi Pantai Bahak.

“Kita sebagai kholifah bersama-sama berupaya menjaga ekosistem alam agar tetap seimbang. Harapannya kita selalu menjaga kelestarian lingkungan dengan baik. Mangrove bukan hanya bermanfaat bagi lingkungan, akan tetapi mangrove nantinya juga bermanfaat bagi masyarakat,” ungkapnya. (y0n)