Friday, May 24, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Peringati HUT ke-49, PPNI dan Baznas Gelar Khitanan Massal

Peringati HUT ke-49, PPNI dan Baznas Gelar Khitanan Massal

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-49 Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) tahun 2023, DPD PPNI Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Probolinggo menggelar khitanan massa di Yayasan Darusalam Desa Ngepoh Kecamatan Dringu, Minggu (12/3/2023).

Khitanan massal ini diikuti oleh 50 orang anak dari kalangan keluarga tidak mampu. Dalam khitanan massal ini, DPD PPNI Kabupaten Probolinggo menurunkan tenaga medis sebanyak 1 orang dokter ahli bedah, 35 orang perawat dan 7 orang non perawat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua DPD PPNI Kabupaten Probolinggo Sugianto bersama sejumlah pengurus, Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo H Ahmad Muzammil serta Kepala Puskesmas Dringu.

Ketua DPD PPNI Kabupaten Probolinggo Sugianto mengatakan khitanan massal ini merupakan salah satu bentuk pelaksanaan program kegiatan sosial PPNI. “Tujuannya untuk meringankan beban masyarakat. Karena khitanan massal ini disamping gratis masih mendapatkan paket bantuan songkok, baju dan sarung. Obat minum juga kami siapkan untuk 5 hari,” katanya.

Menurut Sugianto, melalui khitanan massal ini diharapkan terjalinnya suatu komunikasi dan kolaborasi serta sinergitas dengan berbagai kelompok dan organisasi dalam turut serta nembantu program pemerintah. “Semoga kehadiran PPNI semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat maupun oleh pemerintah,” harapnya.

Sementara Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo H Ahmad Muzammil mengaku bersyukur karena kegiatan khitanan massal di Desa Ngepoh Kecamatan Dringu sangat ramai sekali. Sebab peserta khitan sebelum dieksekusi masih diarak keliling desa dengan naik tayo dan dokar. “Ada sekitar 15 tayo yang berjalan iring-iringan dan dihibur drum band,” ujarnya.

Muzammil menegaskan kegiatan khitanan massal ini sudah rutin dilakukan oleh Baznas Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan DPD PPNI Kabupaten Probolinggo. Kebetulan saat ini momentumnya bersamaan dengan peringatan HUT ke-49 PPNI.

“Khitanan massal ini dimaksudkan untuk menjalankan bab thoharoh berupa kesucian bagi anak-anak. Semoga dengan khitanan massal ini diharapkan agar nantinya anak yang dikhitan menjadi anak yang sholeh,” pungkasnya. (wan)