Thursday, July 29, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Pemkab-LPTQ Gelar Khotmil Qur’an dan Doa Bersama Huffadh Jawa Timur

Pemkab-LPTQ Gelar Khotmil Qur’an dan Doa Bersama Huffadh Jawa Timur

Reporter : Hendra Trisianto
PROBOLINGGO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) bersama Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Probolinggo, Senin (2/11/2020) menggelar khotmil qur’an dan doa bersama huffadh Provinsi Jawa Timur pada MTQ tingkat nasional XXVIII tahun 2020 di Sumatera Barat pada 12 hingga 21 Nopember 2020.

Kegiatan yang mengambil tema “Untuk Suksesnya Kafilah Jawa Timur”, khususnya hafidz dan hafidzah Kabupaten Probolinggo ini dilaksanakan di 3 (tiga) titik yang berbeda. Pertama di Pendopo Prasadja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo sebanyak 3 majlis dengan 15 orang, Kantor LPTQ Kabupaten Probolinggo sebanyak 3 majlis dengan 15 orang dan mandiri sebanyak 45 orang di rumahnya masing-masing.

“Alhamdulillah, dalam waktu setengah hari kami bisa mengkhatamkan Al Qur’an sebanyak 9 kali. Semoga apa yang kami lakukan ini bersama hidayah dan takdir Allah SWT,” kata Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Probolinggo Didik Abdul Rohim.

Menurut Didik, khotmil qur’an dan doa bersama ini merupakan salah satu bentuk ikhtiar batin dengan harapan hafidzh dan hafidzah Kabupaten Probolinggo yang tergabung dalam Kafilah Provinsi Jawa Timur diberikan kekuatan, kesehatan, kelancaran serta keridhaan Allah SWT saat pelaksanaan MTQ tingkat nasional XXVIII di Provinsi Sumatera Barat.

“Mudah-mudahan Kafilah Provinsi Jawa Timur bisa tampil menjadi juara umum sebagai upaya untuk peningkatan mutu MTQ, khususnya para hafidz dan hafidzah Kabupaten Probolinggo,” harapnya.

Didik mengharapkan agar MTQ ini bisa menjadi media dalam mempererat tali silaturrahim dan ukhuwah islamiyah, meningkatkan kualitas keberagamaan khususnya dalam pengembangan dan pemahamam Al Qur’an serta sebagai media syiar dan dakwah Islam kepada masyarakat luas serta bukti bahwa Islam merupakan agama yang rahmatan lil ‘alamin.

“Hafidz dan hafidzah Kabupaten Probolinggo yang tergabung dalam Kafilah Jawa Timur hendaknya dapat memberikan suri tauladan dalam hal akhlaq, ucapan, perilaku dan keilmuan kepada kafilah-kafilah yang lain sehingga bisa membawa nama baik daerah di tingkat nasional,” pungkasnya. (dra)

cww trust seal