Depan > Kemasyarakatan > Kecamatan Sumberasih Sediakan Display Produk UMKM

Kecamatan Sumberasih Sediakan Display Produk UMKM

Reporter : Syamsul Akbar
SUMBERASIH – Sebagai upaya untuk turut serta mempromosikan produk UMKM, Pemerintah Kecamatan Sumberasih menyediakan display produk UMKM bagi produk UMKM yang ada di wilayah Kecamatan Sumberasih.

Display produk UMKM ini berada di salah satu sudut ruang Kasi Perekonomian Kecamatan Sumberasih. Di ruangan tersebut, puluhan produk UMKM dari 13 desa ditampilkan supaya bisa dikenal lebih luas.

Senin (27/12/2021), Camat Sumberasih Wiwit Suryaningsih didampingi Kasi Perekonomian Kecamatan Sumberasih Erna Dewi Ninuk Setiawati melihat-lihat dari dekat produk UMKM yang dipromosikan di display produk UMKM Kecamatan Sumberasih tersebut.

Camat Sumberasih Wiwit Suryaningsih mengatakan latar belakang dibentuknya display produk UMKM di Kecamatan Sumberasih ini karena Kecamatan Sumberasih sebenarnya memiliki potensi yang sangat besar berupa banyaknya UMKM kreatif yang tumbuh di Kecamatan Sumberasih. Namun di sisi lain juga banyak UMKM yang belum diketahui oleh kalangan luas karena masih kurang percaya diri dan lain sebagainya.

“Display produk UMKM ini merupakan salah satu upaya dari Pemerintah Kecamatan Sumberasih untuk menampilkan seluruh potensi yang ada di 13 desa agar produk-produk unggulannya bisa diketahui lebih banyak lagi oleh kalangan luas. Selain itu, untuk menumbuhkembangkan dan mensupport bagi mereka pelaku UMKM, khususnya UMKM pemula,” katanya.

Melalui display produk UMKM ini Wiwit mengharapkan supaya pelaku UMKM-UMKM yang pemula itu bisa lebih bersemangat lagi. Paling tidak pelaku UMKM ini merasa bahwa pemerintah benar-benar memperhatikan tumbuh kembang UMKM di 13 desa yang ada di Kecamatan Sumberasih.

“Selain itu, menstimulasi dan merangsang munculnya UMKM-UMKM yang baru lagi sehingga Kecamatan Sumberasih memiliki banyak produk UMKM yang pada akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat di Kecamatan Sumberasih,” harapnya.

Sementara Fadilah, salah satu pelaku UMKM dari Desa Laweyan dengan produk Pecel Bikinan Istri mengaku keberadaan display yang berasa di ruangan Perekonomian Kecamatan Sumberasih ini sangat membantu sekali bagi para pelaku usaha.

“Dengan display ini pelaku usaha bisa memasarkan produknya lebih luas lagi. Karena banyak tamu-tamu yang berkunjung ke ruang Perekonomian sehingga bisa mengenal produk-produk UMKM di Kecamatan Sumberasih,” ujarnya.

Menurut Fadilah, sebelum ada display ini para pelaku usaha biasanya memasarkan produknya di media sosial (medsos) dan masyarakat sekitar saja. Bahkan ada yang memasarkan ke teman kerabat saja sehingga masih kurang maksimal.

“Semoga dengan adanya display produk UMKM ini kami bisa bergerak lebih baik dan lebih bermanfaat. Terlebih lagi bisa menciptakan lapangan pekerjaan serta bisa menyemangati para pelaku usaha yang lain,” pungkasnya. (wan)