Sunday, April 14, 2024
Depan > Kesehatan > Ratusan ASN Jalani Vaksinasi Booster Covid-19

Ratusan ASN Jalani Vaksinasi Booster Covid-19

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Dalam rangka antisipasi dan proteksi resiko penularan dan penyebaran Covid-19 varian JN.1 di Indonesia, sebanyak 100 orang ASN terdiri dari pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menjalani vaksinasi booster Covid-19 di balkon lantai 2 Kantor Bupati Probolinggo, Jum’at (22/12/2023) pagi.

Tidak terkecuali, Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo Ugas Irwanto, S.Sos., M.Si pun menjalani vaksinasi booster bernama Inavac yang merupakan vaksin Covid-19 buatan Indonesia.

Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto mengatakan, meskipun di Kabupaten Probolinggo tidak ditemukan kasus Covid-19 varian JN.1, namun upaya ini sifatnya antisipasi dan preventif guna menghindari penularan dan penyebarannya.

Oleh karenanya saat ini pihaknya bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) hanya memprioritaskan vaksinasi booster pelengkap ini kepada pejabat Forkopimda dan pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemkab Probolinggo, terutama yang mobilisasinya tinggi.

‚ÄúSampai saat ini Kabupaten Probolinggo tetap zero kasus. Oleh karenanya kita harus betul-betul mempertahankannya, sehingga tidak terjadi lagi lonjakan kasus Covid-19 seperti yang sudah-sudah,” ungkapnya.

Untuk upaya antisipasi Bersama, Pj Bupati Ugas mengingatkan supaya masyarakat lebih meningkatkan lagi kualitas kesehatan dan antibody serta menerapkan protokol kesehatan (prokes) jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Lebih baik kita capek mencegah dari pada capek menangani. Saya tidak ingin di tahun politik ini terganggu karena adanya lonjakan kasus Covid-19. Saya juga tidak ingin perekonomian yang sudah mulai bangkit ini terganggu lagi,” tandasnya.

Sementara Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo Mujoko mengemukakan, saat ini ketersediaan vaksin Inavac masih sangat terbatas. Oleh karenanya selain memprioritaskan para pelayan publik, pihaknya juga mempersiapkan vaksin ini bagi masyarakat yang akan menjalankan ibadah umrah dan haji.

“Stok vaksin Inavac di kami saat ini ada 60 vail. Artinya ketersediaan itu sementara ini hanya cukup untuk 300 orang saja, dengan pemberian dosis vaksin sebanyak 0,5 ml,” pungkasnya. (dra)