Depan > Kemasyarakatan > Penuhi Stok Darah, PMI Gelar Aksi Donor Darah

Penuhi Stok Darah, PMI Gelar Aksi Donor Darah

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Kebutuhan transfusi darah terus meningkat, sehingga tidak jarang kondisi stok lumbung darah di markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Probolinggo menipis.

Untuk mendapatkan pasokan stok darah secara rutin, PMI pun kerap menggelar aksi donor darah di berbagai lingkungan. Kali ini proses penyadapan darah tersebut dilaksanakan di lingkungan kerja kantor Bupati Probolinggo, Senin (27/12/2021) siang di Ruang Pertemuan Tengger Kantor Bupati Probolinggo.

Kegiatan donor darah kali ini diikuti oleh kurang lebih 400 orang ASN (Aparatur Sipil Negara). Untuk menghindari terjadinya kerumunan dan tidak menggangu jalannya rutinitas dan aktifitas kerja, mereka dibagi dalam 4 (empat) sesi.

Koordinator Donor Darah PMI Kabupaten Probolinggo Puji Indriati menerangkan bahwa setiap sesi donor darah akan diikuti oleh 100 ASN yang berasal dari 10 instansi. Sedangkan setiap sesinya akan dilaksanakan setiap hari Senin selama satu bulan mendatang.

“Donor darah di lingkup Kantor Bupati Probolinggo ini InsyaAllah kedepannya akan diadakan rutin setiap tiga bulan sekali. Selain untuk melayani para pendonor aktif agar lebih mudah dalam menyalurkan darahnya, mudah-mudahan juga didapatkan para pendonor baru,” ungkap Puji Indriati.

Sementara itu Dewi Kusmawati salah satu ASN dari Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo mengaku senang atas pelayanan dari PMI ini. Pasalnya sejak kehamilan anak pertamanya, dirinya belum pernah lagi melakukan donor darah.

“Akhirnya bisa berdonor darah lagi setelah cukup lama. Selain bisa menyehatkan badan kita juga bisa membantu sesama yang membutuhkan darah. Karena bersedekah tidak hanya berupa uang, jadi tunggu apa lagi yuk kita berdonor,” ajak mantan relawan PMI Kota Probolinggo ini.

Senada hal tersebut juga disampaikan Sarbini, ASN Diskominfo yang juga terpanggil untuk turut serta pada aksi donor darah kali ini. Sarbini mengaku awalnya memang khawatir akan terasa sakit saat donor darah, namun ternyata tidak sakit sama sekali dan efeknya sangat luar biasa.

“Alhamdulillah saya sudah rutin 5 kali donor darah dan hari ini terpanggil kembali untuk berdonor. Donor darah itu menyehatkan dan bermanfaat bagi sesama. Ingat setetes darah kita sangat berarti, siapa lagi kalau bukan kita yang berdonor,” pungkasnya. (dra)