Sunday, April 14, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Dispersip Berikan Layanan Perpustakaan Keliling ke Lembaga Sekolah

Dispersip Berikan Layanan Perpustakaan Keliling ke Lembaga Sekolah

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dalam rangka meningkatkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) dan Tingkat Gemar Membaca (TGM) masyarakat khususnya peserta didik di Kabupaten Probolinggo, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Probolinggo memberikan layanan perpustakaan keliling ke beberapa Lembaga sekolah/madrasah.

Pelayanan perpustakaan keliling ini dilakukan selama 7 (tujuh) hari di 60 lembaga sekolah maupun madrasah di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikdaya) Kabupaten Probolinggo, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo serta Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Probolinggo.

Kepala Dispersip Kabupaten Probolinggo dr Mansur mengatakan sebagai institusi penyedia informasi kepada masyarakat, Dispersip membuat strategi dengan menyediakan informasi ke masyarakat yang jauh dari perkotaan.

“Salah satu strategi penyediaan informasi tersebut adalah melalui layanan perpustakaan keliling. Perpustakaan keliling datang secara terjadwal di lembaga pendidikan ataupun desa yang membutuhkan,” katanya.

Menurut Mansur, dengan menyediakan buku bacaan dengan berbagai tema, masyarakat bisa meminjam buku yang dibutuhkan. Sejauh ini, perpustakaan sekolah masih menjadi lokasi yang paling banyak dikunjungi perpustakaan keliling. “Buku novel menjadi buku yang paling banyak diminati oleh siswa dimana perpustakaan keliling kunjungi,” jelasnya.

Dengan adanya layanan perpustakaan keliling ini Mansur mengharapkan bisa menjadi solusi keterbatasan akses informasi berupa buku, dilokasi yang jauh dari kota. “Untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat dan minat baca masyarakat,” pungkasnya. (wan)