Thursday, October 28, 2021
Depan > Informasi Layak Anak > Dispendik Monev Realisasi BOSDA dan TUKIN PAUD

Dispendik Monev Realisasi BOSDA dan TUKIN PAUD

Reporter : Wahed Efendi
KRAKSAAN – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo melaksanankan kegiatan supervisi, monitoring dan evaluasi (monev) realisasi Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) dan Tunjangan Kinerja (TUKIN) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) triwulan 3 (Juli, Agustus dan September) tahun 2020 mulai Kamis hingga Jum’at (5-13/11/2020) mendatang.

“Setelah melakukan koordinasi, Dispendik dengan pihak Bank Jatim Kraksaan memastikan realisasi pencairan BOSDA dan TUKIN PAUD sudah masuk rekening lembaga penerima pada hari Rabu tanggal 4 Nopember 2020,” ungkap Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD, PNF Dispendik Kabupaten Probolinggo Massajo.

Menurut Massajo, monev BOSDA dan TUKIN PAUD dilakukan untuk memastikan bahwa pencairan tahap 2 untuk triwulan 3 bagian bulan Juli, Agustus dan September sudah masuk pada semua rekening lembaga penerima dan proses penarikan oleh lembaga di BPD dan capem sesuai jadwal yang telah ditentukan dan diedarkan. “Hal ini dimaksudkan agar proses dan prosedur penarikan dana tidak ada kendala,” jelasnya.

Sementara Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi melalui Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Sunalis mengatakan proses pencairan dana BOSDA dan TUKIN PAUD tetap harus mengikuti protokok kesehatan dengan mematuhi 3 M. “Setelah dana dicairkan segera untuk diserahkan kepada para guru PAUD dan dibuatkan Spj-nya secara tertib, benar dan dapat dipertanggungjawabkan,” katanya.

Sunalis menjelaskan tujuan monev ini untuk chek and richek, pembinaan serta memastikan bahwa selama pandemi Covid-19 tidak dibenarkan adanya kegiatan tatap muka antara guru PAUD dengan peserta didik dengan dalih dan alasan apapun, tetapi melalui pembelajaran jarak jauh dengan pembelajaran melalui bimbingan orang tua/parenting learning, daring, luring dan blended learning, dan lain sebagainya.

“Ttetap semangat, saling support, kerjasama dan kompak dalam melaksanakan ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam kegiatan BDR. Kata kuncinya K3S (Komunikasi, Koordinasi, Kolaborasi dan Sinergi). Persiapan realisasi triwulan 4 untuk bulan Oktober, Nopember dan Desember akan kita proses pengajuan akhir bulan ini, sehingga diharapkan Spj triwulan 3 ini dapatnya segera dituntaskan dan dikirim ke Dinas Pendidikan dalam waktu tidak terlalu lama,” terangnya.

Dalam kesempatan monev kali ini dilaksanakan pada sasaran Kepala TK PAUD perwakilan masing-masing 5 (lima) lembaga pada 16 kecamatan sebagai sampling. Pada akhir kegiatan semua perwakilan mengisi kuesioner yang harus diisi sesuai kondisi riil lembaga TK PAUD masing-masing, untuk merekam sejauh mana indikator, kebermanfaatan BOSDA TUKIN PAUD dan SDM guru yang ada di lembaganya.

“Diharapkan dengan kegiatan monev ini, para guru PAUD tetap semangat, happy dan selalu memperhatikan para peserta didik dan orang tuanya, agar tetap kondusif serta tetap sehat selama pandemi Covid-19,” harapnya. (hed)