Thursday, February 22, 2024
Depan > Pemerintahan > Dishub Gelar Rakor Forum LLAJ

Dishub Gelar Rakor Forum LLAJ

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Program kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Perhubungan (Dishub) dalam mengantisipasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas bersinergi dengan Polres Probolinggo dalam rapat koordinasi (rakor) Forum LLAJ, Selasa (29/3/2022) di ruang pertemuan Dishub Kabupaten Probolinggo.

Rakor Forum LLAJ ini melibatkan lintas sektor meliputi Forum Kabupaten Probolinggo Sehat (FKPS), Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Probolinggo dan Dinas PUPR Kabupaten Probolinggo. Rakor tersebut dipimpin Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dishub Kabupaten Probolinggo Bambang Singgih Hartadi.

Pembahasan di sebuah Forum LLAJ pada rakor tersebut mengarah pada pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya pelanggaran berlalu lintas dan meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas di jalan. Dengan program-program inilah yang nantinya dapat menekan terjadinya permasalahan pengendara dalam berlalu lintas.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dishub Kabupaten Probolinggo Bambang Singgih Hartadi menyampaikan Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) ini sebagai bentuk program bersama guna menuntaskan permasalahan lalu lintas.

“Hal ini merupakan upaya Dinas Perhubungan Kabupaten Probolinggo dalam rangka mensinergikan kepentingan Pemerintah Kabupaten Probolinggo dengan kepentingan masyarakat,” katanya.

Sementara Kanit Laka Lantas Polres Probolinggo Iptu I Nyoman Harayasa menerangkan terjadinya kecelakaan selama ini disebabkan adanya faktor manusia itu sendiri, faktor kendaraan, faktor kondisi jalan dan faktor cuaca. Dan yang paling banyak terjadi kecelakaan lalu lintas disebabkan adanya faktor manusia dan faktor kendaraan.

“Bentuk kolaborasi antar lintas sektor sesuai tupoksinya sangat penting untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran-pelanggaran lalu lintas dan menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan sebagaimana yang ada pada salah satu program kerja Dinas Perhubungan Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya. (y0n)