Thursday, February 29, 2024
Depan > Pemerintahan > Bapelitbangda Gelar Penganugerahan Lomba Inovasi Daerah 2023

Bapelitbangda Gelar Penganugerahan Lomba Inovasi Daerah 2023

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Badan Perencaaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Probolinggo menggelar penganugerahan Lomba Inovasi Daerah tahun 2023 di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, Senin (26/6/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto, Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Jatim Andriyanto, Kepala Bapelitbangda Kabupaten Probolinggo Santiyono, Kepala OPD terkait dan Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, juri lomba Inovasi Daerah serta perwakilan 5 (lima) CSR di lingkungan Kabupaten Probolinggo.

Penganugerahan Lomba Inovasi Daerah 2023 ini diawali dengan Talkshow dengan tema “Kebijakan DID (Dana Insentif Daerah) dan Kriterianya serta Strategi Meraih DID melalui Inovasi Daerah” tahun 2023.

Dalam kesempatan tersebut diberikan apresiasi pelaksanaan program CSR Kabupaten Probolinggo kepada perwakilan perusahaan di Kabupaten Probolinggo serta penganugerahan kepada para pemenang lomba Inovasi Daerah tahun 2023 untuk Bidang Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik, Bidang Energi, Lingkungan Hidup dan Agribisnis serta Bidang Pendidikan dan Sains.

Untuk Bidang Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik, juara 1 diraih RSUD Waluyo Jati dengan inovasi SOBAT (Sahabat Antar Obat), juara 2 diraih Puskesmas Tongas dengan inovasi Mbakyu Sahabat Bumil, juara 3 diraih Puskesmas Maron dengan inovasi Gemas Budarzi, juara harapan 1 diraih Puskesmas Ranugedang dengan inovasi Si Manis Basa (Sistim Pemantauan Imunisasi Bayi Sehat) serta juara harapan 2 diraih Puskesmas Dringu dengan inovasi Bazar Kesehatan Puskesmas Dringu.

Selanjutnya Bidang Energi, Lingkungan Hidup dan Agribisnis, juara 1 diraih Pusat Pengembangan Agens Hayati (PPAH) Sumber Jaya – Tegalsiwalan dengan inovasi MIKOPLUS Tameng dan Penerobos di Sistem Perakaran Tanaman, juara 2 diraih Kelompok Tani Makmur Jaya II Desa Pendil Kecamatan Banyuanyar dengan inovasi BIOCHAR Limbah Pirolisis Asap Cair, juara 3 diraih SMAN 1 Tongas dengan inovasi Musa Paradisiaca Mantap Benar Sebagai Snack Masa Kini, juara harapan 1 diraih SMAN 1 Kraksaan dengan inovasi KUKIERS Menuju Probolinggo Sehat Dan Mandiri dan juara harapan 2 diraih SMAN 1 Kraksaan dengan inovasi Pemanfaatan Daun Pandan (Pandanus Amaryllifolius) Sebagai Permen Anti Karies Gigi.

Serta Bidang Pendidikan dan Sains, juara 1 diraih Puskesmas Pakuniran dengan inovasi Penggunaan Mainan Wipe and Clean dan Video Sebagai Media Edukasi Untuk Meningkatkan Pengetahuan Pasien Anak Tentang Cara Menyikat Gigi Yang Baik dan Benar, juara 2 diraih SDN Tegalrejo Kecamatan Dringu dengan inovasi Media Pembelajaran Kahitna Tampan Cqr Paper Mode Dalam Meningkatkan Keterampilan Operasi Hitung Penjumlahan Pada Siswa Kelas IV SDN Tegalrejo, juara 3 diraih SMAN 1 Sukapura dengan inovasi Komunitas Selasan Sebagai Wadah Untuk Menggerakkan Aktivitas Literasi Sastra Siswa, juara harapan 1 diraih SMAN 1 Kraksaan dengan inovasi Literasi Sains Pada Pembelajaran Menulis Esai Bermetode Sakera Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dan juara harapan 2 diraih SMKN 2 Kraksaan dengan inovasi Mobile Based Automatic Smart Garden.

Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko menyambut baik diselenggarakannya penganugerahan lomba inovasi daerah Kabupaten Probolinggo oleh Bapelitbangda ini.

“Harapannya kegiatan ini dapat mendorong kompetisi positif antar perangkat daerah dan masyarakat, sehingga dapat mewujudkan peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan peningkatan pembangunan guna terwujudnya kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Menurut Wabup Timbul, kegiatan ini penting dan strategis guna menumbuhkan semangat inovasi pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang baik, transparan dan akuntabel, bagi perangkat daerah di lingkungan Kabupaten Probolinggo.

“Untuk itu, kepada seluruh perangkat daerah pada khususnya dan masyarakat Kabupaten Probolinggo pada umumnya, diharapkan bisa terus berinovasi dan berkarya, sehingga bisa berdaya guna dan berhasil guna dalam mendorong arah penyelenggaraan pemerintahan daerah serta dapat mewujudkan Pemerintah Kabupaten Probolinggo lebih maju dan berdaya saing,” tegasnya.

“Selain itu inovasi-inovasi yang kita ciptakan ini diharapkan dapat membantu dalam meningkatkan nilai indeks inovasi daerah Kabupaten Probolinggo pada ajang Innovative Government Awards (IGA) Kemendagri, dengan harapan indeks dimaksud bisa masuk 10 besar nasional sehingga memperoleh Dana Insentif Daerah (DID) sebagai rewardnya,” tambahnya.

Sementara Kepala Bapelitbangda Kabupaten Probolinggo Santiyono menyampaikan kegiatan ini bernilai penting dan strategis guna menumbuhkan semangat inovasi pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang baik, transparan dan akuntabel bagi perangkat daerah di lingkungan Kabupaten Probolinggo

“Untuk itu, kepada seluruh Kepala OPD diharapkan bisa terus berinovasi dan berkarya, sehingga bisa berdaya guna dan berhasil guna dalam mendorong arah penyelenggaraan pemerintahan daerah,” ungkapnya. (wan)