Thursday, February 29, 2024
Depan > Pendidikan > Disdikdaya Gelar Diseminasi Hasil Diklat Teknis Guru PAUD HI

Disdikdaya Gelar Diseminasi Hasil Diklat Teknis Guru PAUD HI

Reporter : Syamsul Akbar
BESUK – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikdaya) Kabupaten Probolinggo bersinergi dengan Pokja 2 TP PKK Kabupaten Probolinggo dan Pemerintah Desa Alasnyiur, Kecamatan Besuk menggelar diseminasi hasil pendidikan dan pelatihan (diklat) teknis guru Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI) di Balai Desa Alasnyiur, Kecamatan Besuk, Selasa (8/8/2023).

Kegiatan ini dilakukan sebagai apresiasi atas suksesnya kegiatan pelaksanaan diklat teknis guru PAUD Holistik Integratif pada tanggal 25 hingga 26 Juli 2023 di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo. Dimana kegiatan ini disambut baik oleh kecamatan dan desa, khususnya Kepala Desa Alasnyiur Hasan Basri.

Diseminasi hasil diklat teknis guru PAUD-HI ini diikuti oleh 40 orang terdiri dari pengurus dan anggota TP PKK Kecamatan Besuk dan Desa Alasnyiur, guru PAUD, Kader Posyandu dan Kader Desa.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kelompok Kerja (Pokja) 2 Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo sebanyak 2 orang, Disdikdaya Kabupaten Probolinggo sebanyak 3 orang serta Kasi Kesra Kecamatan Besuk.

“Tujuannya adalah terselenggara layanan PAUD Holistik-Integratif menuju terwujudnya anak Kabupaten Probolinggo yang sehat, cerdas, ceria dan berahlak mulia,” kata Kepala Disdikdaya Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi melalui Analis Kebijakan Muda Massajo.

Untuk mencapai itu jelas Massajo, ada enam strategi meliputi penguatan dan penyelarasan landasan hukum, peningkatan advokasi, komitmen koordinasi dan kerjasama antar instansi pemerintah, lembaga penyelenggara layanan, dunia
usaha dan organisasi terkait.

“Selanjutnya peningkatkan kapasitas dan kompetensi kader masyarakat, penyelenggara, dan tenaga pelayanan, penyediaan pelayanan yang merata, terjangkau dan berkualitas serta pemberdayaan masyarakat melalui pemahaman tentang pentingnya dukungan transisi PAUD-SD Yang menyenangkan dan pengasuh pengganti dalam melakukan pengasuhan anak secara optimal,” jelasnya.

Melalui kegiatan ini Massajo mengharapkan sinergitas dan sinkronisasi rencana kerja Perangkat Daerah dengan program kerja Tim Penggerak PKK Pokja II Kabupaten Probolinggo.

“Hal ini dikemas dalam kegiatan sosialisasi gerakan keluarga cerdas berinteraksi untuk menggerakkan keluarga dalam peningkatan pendidikan dan keterampilan dapat terus sejalan dan saling support untuk memajukan mutu pendidikan di Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)