Saturday, April 13, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Diskan Berikan Pelatihan Pengolahan Ikan Bagi Keluarga Nelayan

Diskan Berikan Pelatihan Pengolahan Ikan Bagi Keluarga Nelayan

Reporter : Syamsul Akbar
GENDING – Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo memberikan pelatihan pengolahan ikan bagi keluarga nelayan di kediaman Kepala Desa (Kades) Klaseman, Kecamatan Gending, Selasa dan Rabu (8-9/8/2023).

Kegiatan pemberdayaan nelayan kecil dalam daerah kabupaten/kota dengan sub kegiatan pengembangan kapasitas nelayan kecil ini merupakan pokok-pokok pikiran (pokir) dari Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo.

Pelatihan pengolahan ikan dengan narasumber dari SMKN 1 Dringu ini diikuti oleh 70 orang peserta dari Desa Pesisir Kecamatan Gending yang dibagi 2 (dua) hari dengan masing-masing peserta 35 orang. Pelatihan yang diberikan adalah pembuatan kerupuk dan keripik ikan.

Sebelumnya, pada 31 Juli dan 1 Agustus 2023, pelatihan serupa juga diberikan kepada 70 orang peserta dari Desa Klaseman, Kecamatan Gending yang dibagi 2 (dua) hari dengan masing-masing 35 orang peserta. Materi pelatihan adalah cara membuat abon dan dendeng ikan.

Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo mengatakan, pelatihan pengolahan ikan ini dipilih karena wilayah Kabupaten Probolinggo berbatasan dengan laut. Secara tidak langsung hasil produksi ini perlu untuk dikembangkan.

“Untuk saat ini, masalah harga tangkapan ikan di laut agak murah sehingga perlu diversifikasi produk. Dengan demikian ada tambahan nilai terhadap hasil tangkapan nelayan di laut,” katanya.

Dengan pelatihan ini Andi berharap harga olahan hasil laut bisa lebih tinggi nilai ekonomisnya. Selain itu, pengentasan kemiskinan mungkin lebih cepat diatasi dengan program pelatihan seperti ini. Sebab keluarga nelayan sudah mempunyai bekal keahlian dalam pengolahan ikan.

“Saya menghimbau kepada peserta bukan hanya mengikuti pelatihan saja, tetapi setelah pelatihan ini benar-benar diterapkan dan dilakukan dengan baik. Karena seringkali adanya pelatihan cukup di pelatihan tapi tindak lanjut ke belakangnya tidak ada. Harapannya ke depan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan sehingga masyarakat nelayan lebih sejahtera lagi,” harapnya.

Sementara Kepala Bidang Bina Usaha Perikanan pada Diskan Kabupaten Probolinggo, Muhammad Sigit Pujotomo menyampaikan pelatihan pengolahan ikan bagi keluarga nelayan ini diberikan dalam rangka untuk melatih masyarakat yang membutuhkan ketrampilan.

“Ini merupakan pokok-pokok pikiran dari Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo. Pelatihan ini ditujukan kepada masyarakat keluarga nelayan yang berbatasan pantai. Harapannya agar hasil perikanan disana bisa meningkatkan nilai tambahnya. Oleh karena itu dilakukan upaya pengolahan diversifikasi produk sehingga tidak hanya hasil ikannya yang dijual begitu saja,” ujarnya.

Sigit menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kemampuan kepada masyarakat tentang pengolahan ikan yang harapannya bisa menjadikan alternatif mata pencarian dan menambah ekonomi.

“Untuk desa kita berharap akan ada kelompok-kelompok pengolah. Jadi nanti bisa membina lebih lanjut. Sebab membina dalam bentuk kelompok tu menjadi lebih mudah. Setelah mereka berlatih ini mereka mempraktekan dan bergabung dengan kelompok. Harapannya dari pihak desa ada tindak lanjut dengan membuat produk untuk program-program desa,” pungkasnya. (wan)