Sunday, May 19, 2024
Depan > Pendidikan > Disdikdaya Gelar Pelatihan Penyusunan Modul Bahasa Jawa dan Bahasa Madura

Disdikdaya Gelar Pelatihan Penyusunan Modul Bahasa Jawa dan Bahasa Madura

Reporter : Syamsul Akbar
GENDING – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikdaya) Kabupaten Probolinggo memberikan pelatihan penyusunan modul bahasa Jawa dan penyusunan modul bahasa Madura bagi guru kelas di SDN Gending 2 Kecamatan Gending, Selasa dan Rabu (13-14/6/2023).

Kegiatan pelatihan penyusunan modul bahasa daerah ini diikuti oleh 60 orang peserta yang terbagi dalam 30 orang untuk menulis bahasa Jawa dan 30 orang untuk menulis bahasa Madura.

Kepala Disdikdaya Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi melalui Analis Kebijakan Muda Like Widyawati mengharapkan dari kegiatan ini dilakukan secara keberlanjutan dari sesi-sesi sebelumnya. Dimana penulis menyusun buku modul bahasa Jawa dan bahasa Madura sudah finalisasi.

“Untuk saat ini harapanya para penulis ini mampu menyusun bagian dari final atau akhir kegiatan. Sebab kalau sudah selesai kegiatan ini sudah siap untuk dicetak dan dapat dimanfaatkan untuk modul pada sekolah terkait dengan muatan lokal yang terdiri dari bahasa Jawa dan bahasa Madura,” katanya.

Menurut Like, Kabupaten Probolinggo mempunyai kekhasan sendiri utamanya untuk kegiatan mulok ini. Sebab saat ini sudah punya 3 khas yang ada di Kabupaten Probolinggo. Yakni, pelajaran tentang Tari Glipang yang nanti diwajibkan pada semua satuan pendidikan, mulok bahasa Jawa dan ada sekolah-sekolah yang menggunakan mulok bahasa Madura.

“Dari buku yang sudah dicetak atau yang sudah diterbitkan nanti harapannya kita distribusikan kepada semua satuan pendidikan penerima manfaat dari buku yang sudah ada dan sudah diterbitkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)