Depan > Kemasyarakatan > Wabup Timbul Terima Tim NPMC Program ISWMP

Wabup Timbul Terima Tim NPMC Program ISWMP

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menerima Tim Nasional Project Management Consultant (NPMC) Program ISWMP, Selasa (27/9/2022) di Pringgitan Rumah Dinas Bupati Probolinggo.

Turut mendampingi Wabup Timbul sejumlah pejabat terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo. Kunjungan dan koordinasi ini dipimpin oleh Ketua Tim NPMC Sofyan Nuralamsyah pada Asesor Program ISWMP Kementerian PUPR.

Koordinasi ini mengarah pada pelaksanaan program Improvement of Solid Waste Management Project (ISWMP) dalam mendukung pelaksanaan Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP) serta kebijakan dan strategi nasional pengelolaan sampah yang akan dikembangkan di beberapa kabupaten/kota terpilih di Indonesia.

ISWMP secara umum adalah Improvement Of Solid Waste Management to Support Regional Area and Metropolitan Cities merupakan program berskala nasional untuk meningkatkan kinerja pengelolaan sampah. Hal ini selaras dengan Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2018. Dimana sebagian besar dana investasi akan dialokasikan pada beberapa kabupaten/kota.

Ketua Tim Sofyan Nuralamsyah selaku Asesor Program ISWMP Kementerian PUPR menyampaikan, dari 514 kabupaten dan kota se-Indonesia dilakukan metode pemilihan dan tersaring menjadi 29 kabupaten dan kota. “Setelah dilakukan verifikasi pertama pada 29 kabupaten/kota terjumlah menjadi 14 kabupaten dan kota, salah satunya Kabupaten Probolinggo,” ujarnya.

Terkait dengan kegiatan saat ini jelas Sofyan adalah melakukan verifikasi di lapangan yang intinya sejauhmana keseriusan Kabupaten Probolinggo menjalankan program ISWMP. Berbagai macam syarat yang dilakukan untuk kesediaannya menjalankan program tersebut juga merupakan pertanda sebuah keseriusan dan kesiapan. Selain itu, melakukan verifikasi tentang kesiapan dokumen secara teknis di lapangan.

“Yang kami lakukan pada agenda penjaringan, kabupaten maupun kota yang terpilih menjalankan proyek ISWMP dan nantinya akan kita dukung yang masuk ke dalam periodicity. Periodicity akan ditetapkan oleh Ibu Dirjen dan dikirimkan ke masing-masing kabupaten dan kota,” jelasnya.

Sementara Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengharapkan nantinya dapat terealisir dengan baik. Solusi penanganan sampah sudah dilakukan sejak dulu dengan berbagai macam referensi. Bahkan, ini sebuah upaya Pemerintah Kabupaten Probolinggo tentang problem sampah yang dihadapi dan diatasi dengan solusi yang baik.

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim NPMC Program ISWMP yang hadir saat ini. Semoga dengan program ISWMP ini dapat membantu, memecahkan persoalan dan sebagai salah satu solusi yang baik di Kabupaten Probolinggo dalam penanganan sampah,” katanya. (y0n)