Sunday, April 14, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Sinergitas TP PKK dan Diperta Dalam Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari

Sinergitas TP PKK dan Diperta Dalam Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari

Reporter : Syamsul Akbar
SUMBERASIH – Dinas Pertanian (Diperta) Kabupaten Probolinggo menjalin sinergitas dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo dalam kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) tahun 2023 berupa persiapan pasca panen di Kelompok Tani (Poktan) Sumber Rejeki Lima Desa Banjarsari Kecamatan Sumberasih, Kamis (23/11/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Rita Erik Ugas Irwanto bersama pengurus TP PKK Kabupaten Probolinggo, Kepala Bidang Sarana Penyuluhan dan Pengendalian Pertanian Diperta Kabupaten Probolinggo drh Faiq El Himmah, Camat Sumberasih Agus Setijono dan Ketua TP PKK Kecamatan Sumberasih, Kepala Desa Banjasari Moch Abdul Wakhid dan Ketua Kelompok Tani Sumber Rejeki Lima M Bashori Alwi.

Dalam kesempatan tersebut, Rita Erik bersama pengurus TP PKK didampingi Kepala Bidang Sarana Penyuluhan dan Pengendalian Pertanian Diperta Kabupaten Probolinggo drh Faiq El Himmah melihat-lihat tanaman sayuran, tanaman obat-obatan dan lain sebagainya serta bibit yang dikembangkan oleh Kelompok Tani Sumber Rejeki Lima.

Kepala Bidang Sarana Penyuluhan dan Pengendalian Pertanian Diperta Kabupaten Probolinggo drh Faiq El Himmah mengungkapkan sinergitas TP PKK Kabupaten Probolinggo dengan Diperta Kabupaten Probolinggo ini bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan ketahanan pangannya.

“Kelompok ini mendapatkan sarana pembenihan dan sudah dimanfaatkan untuk pembibitan. Ketika berusia 1 bulan, benihnya ditanam. Sekarang sudah waktunya panen dan semuanya sudah bebas dari residu kimia,” ujarnya.

Faiq berharap kegiatan ini menjadi pertanian berkelanjutan. Jadi tidak cukup panen saja dan pada bulan Desember 2023 hilang. “Harapannya agar program ini tetap berputar serta dapat membawa manfaat bagi kelompok khususnya dan masyarakat pada umumnya sehingga meningkatkan aspek ekonomi di Desa Banjarsari,” harapnya.

Sementara Pj Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Rita Erik Ugas Irwanto mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Probolinggo, Dinas Pertanian, Kepala Desa dan Poktan Sumber Rejeki Lima yang telah mensinergikan kegiatan pangan lestari di Desa Banjarsari Kecamatan Sumberasih dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo.

“Kita berkumpul untuk membahas inisiatif yang sangat berarti bagi masyarakat berupa Pekarangan Pangan Lestari (P2L). Kegiatan ini menjadi salah satu prioritas bagi PKK dalam upaya untuk memajukan kesejahteraan petani dan berkelanjutan lingkungan di komunitas kita,” katanya.

Menurut Rita Erik, pekarangan pangan lestari adalah langkah kongkret dalam mendukung keamanan pangan lokal, menciptakan sumber makanan yang lebih berkualitas dan merangsang kesadaran akan pentingnya pertanian berkelanjutan.

“Kerjasama kita adalah kunci keberhasilan pekarangan pangan lestari yang tidak terlepas dari peran aktif semua pihak, baik dari Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo, Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo, Camat Sumberasih beserta seluruh jajarannya, Kepala Desa Banjarsari dan petugas lapangan di wilayah Kecamatan Sumberasih,” jelasnya.

Rita Erik mengharapkan dengan adanya kegiatan pekarangan pangan lestari ini, Kelompok Tani Sumber Rejeki Lima bisa memanfaatkan lahan pekarangan yang ada untuk mendukung kemandirian pangan masyarakat dan peningkatan ketahanan pangan masyarakat sehingga bisa membantu perekonomian keluarga dan mampu menggerakkan perekonomian desa.

“Semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat melalui program pekarangan pangan lestari,” pungkasnya. (wan)