Tuesday, March 5, 2024
Depan > Pendidikan > Kabupaten Probolinggo Raih Penghargaan Atas Kinerjanya Dalam Pembangunan Ekosistem Literasi

Kabupaten Probolinggo Raih Penghargaan Atas Kinerjanya Dalam Pembangunan Ekosistem Literasi

Reporter : Syamsul Akbar
BATU – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh Kabupaten Probolinggo di tingkat regional Provinsi Jawa Timur. Kali ini Kabupaten Probolinggo meraih penghargaan atas kinerjanya dalam pembangunan ekosistem literasi dari Gubernur Jawa Timur.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono dalam peringatan Hari Aksara Internasional ke-58 tingkat Provinsi Jawa Timur di Pasar Induk Among Tani Kota Batu, Rabu (22/11/2023).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikdaya) Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi mengatakan penghargaan ini sebagai apresiasi dari keseriusan para guru dalam berkarya dan mengabdi.

“Harapannya dengan penghargaan ini kedepannya kita sangat optimis bahwa pendidikan di Kabupaten Probolinggo bisa bersaing dengan kabupaten dan kota lain di Jawa Timur,” katanya.

Menurut Joko, yang mendasari gerakan literasi di Kabupaten Probolinggo adalah Peraturan Bupati Nomor 62 Tahun 2018 terkait dengan gerakan literasi Kabupaten Probolinggo.

“Upaya yang dilakukan oleh Dinas Dikdaya diantaranya diterbitkannya surat edaran untuk diadakan Gerakan Literasi di sekolah yang dikenal dengan GLS (Gerakan Literasi Sekolah) serta disosialisasikannya terkait Budaya Baca pada semua satuan Pendidikan,” jelasnya.

Selain itu jelas Joko, sekolah menyusun program Budaya Baca untuk pra pembelajaran atau jadwal terstruktur pada tiap jenjang kelas, pengadaan buku bacaan bermutu dari Dinas Dikdaya, penganggaran dari Dana Bos untuk pengadaan buku serta kerjasama dengan CSR untuk media buku teks dan non teks.

“Kami juga menjalin kerjasama dengan Perpusda untuk fasilitasi buku fiksi dan non fiksi berjenjang bagi satuan pendidikan. Ada juga lomba terkait literasi bagi siswa antara lain lomba menulis, mendongeng, bercerita dan lain-lain. Sekaligus pemberian reward bagi peserta didik yang berprestasi dan lomba Inobel bagi guru terkait pengembangan karya ilmiah,” pungkasnya. (wan)