Tuesday, March 5, 2024
Depan > Pendidikan > Peringati HGN 2023, Ratusan Siswa SMPN 1 Paiton Pilih Guru Favorit

Peringati HGN 2023, Ratusan Siswa SMPN 1 Paiton Pilih Guru Favorit

Reporter : Syamsul Akbar
PAITON – Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023, ratusan siswa dan siswi SMPN 1 Paiton melakukan pemilihan guru favorit untuk tiap-tiap kelas pada Kamis (23/11/2023).

Total ada sekitar 500 siswa dari kelas 7, 8 dan 9 yang turut berpartisipasi dalam pemilihan guru favorit yang dilakukan melalui angket baik lisan maupun tulisan. Serta dibantu dengan aplikasi google form yang tiap jamnya sudah terekam.

“Pemilihan guru favorit ini kami lakukan sebagai bentuk penghargaan terhadap guru di momentum Hari Guru Nasional tahun 2023. Artinya, kami mencari guru yang dianggap banyak disukai oleh siswa di tiap kelasnya,” kata Kepala SMPN 1 Paiton Abdul Kiflih.

Menurut Kiflih, biasanya jika anak suka kepada gurunya pasti akan senang dengan mata pelajaran yang diajarkan. Ketika guru itu disenangi, secara otomatis suka pada mata pelajarannya.

“Untuk poolingnya kami menyebar dan sudah ada rekapnya. Karena proses pooling ini dilakukan sejak jauh-jauh hari sebelumnya. Berbagai metode dilakukan supaya obyektif. Kami berupaya semaksimal mungkin sebagai motivasi agar ke depannya bisa lebih ditingkatkan lagi sehingga ada reward yang dinaikkan,” jelasnya.

Selain pemilihan guru favorit jelas Kiflih, peringatan HGN tahun 2023 di SMPN 1 Paiton ini juga dimeriahkan dengan lomba baca puisi dan lomba membuat kartu ucapan untuk guru.

“Lomba baca puisi dan lomba membuat kartu ucapan ini merupakan bentuk ekspresi siswa untuk menghargai seorang guru. Sebab saat ini terlihat moral anak sudah mulai turun. Terkadang diajak ngomong sama gurunya tidak mukanya menghadap,” terangnya.

Untuk lomba baca puisi ini kriteria penilaian yang dilakukan diantaranya ekspresi, penjiwaan dan kesesuaian dengan tema. Sementara untuk kartu ucapan diantaranya ide, gagasan, hasil karya sendiri, komposisi tulisan dan keserasian warnanya.

“Lomba baca puisi dan lomba membuat kartu ucapan ini bertujuan untuk memberikan penghargaan terhadap guru dan meningkatkan literasi anak. Harapannya, kegiatan ini kami lakukan supaya ada perubahan, dinamis dan tidak stagnan di SMPN 1 Paiton. Terlebih sekolah kami juga pernah menyandang sekolah Adiwiyata. Marilah kita bangkit bersama-sama,” tegasnya.

Dari hasil pooling yang dilakukan oleh ratusan siswa untuk pemilihan guru favorit, kelas 7 diraih Munifah Kusyairi, kelas 8 terpilih Vivin Agustin dan kelas 9 diraih oleh Sri Wakhyuningsih.

Untuk pembuatan kartu ucapan, juara 1 diraih Cici Cantika (9E), Venyta Surya Putri Ayu Lianti (7B), juara 3 diraih Frida Putri (9E), juara harapan 1 diraih Dini Qurrotul Aini (8C), juara harapan 2 diraih Revanda (7D) dan juara harapan 3 diraihVeby Adelia P (8F).

Sementara untuk lomba baca puisi, juara 1 diraih oleh Dwi Maulidia (7D), juara 2 diraih oleh Disha Zamrotul (8D), juara 3 diraih oleh Aufa (9C), juara harapan 1 diraih Mia Mayang (7B), juara harapan 2 diraih oleh Naifah (9D) dan juara harapan 3 diraih oleh Siti Romla (9B). (wan)