Monday, April 22, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Semarak, Condong Carnival Festival 2022

Semarak, Condong Carnival Festival 2022

Reporter : Syamsul Akbar
GADING – Condong Carnival Festival 2022 yang digelar oleh Pemerintah Desa Condong Kecamatan Gading dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI berlangsung semarak, Selasa (30/8/2022) siang.

Kegiatan yang dilepas oleh Camat Gading Hary Tjahjono didampingi Kepala Desa Condong Amar Jasuri ini dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs.HA. Timbul Prihanjoko didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko dan Ketua HKTI Kabupaten Probolinggo dr. Moh Haris Damanhuri.

Condong Carnival Festival yang mengambil tema “Condong Mandiri, Condong Kreatif” ini diikuti oleh 58 kontestan yang berasal dari 18 Rukun Tetangga (RT) dan lembaga sekolah di Desa Condong dan desa-desa tetangga serta peserta dari luar mulai dari Jember dan Banyuwangi.

Puluhan kontestan ini menempuh rute sejauh 2,5 kilometer dengan start dari perbatasan Desa Betek Kecamatan Krucil hingga lapangan Desa Condong. Selain itu juga ada peserta kategori PAUD, TK dan RA dengan start dari Balai Desa Condong serta kategori pelajar SD, SMP dan SMA dengan start Kampoeng Kita Condong. Seluruh peserta mendapatkan piagam penghargaan.

Condong Carnival Festival ini disambut sangat antusias oleh masyarakat. Mereka memenuhi sisi kanan dan kiri sepanjang rute yang dilalui peserta, terutama ketika peserta unjuk kebolehan selama 5 menit di depan panggung kehormatan yang berada di depan Pasar Condong. Beragam busana dan aksi teatrikal ditampilkan secara maksimal dan penuh totalitas oleh masing-masing peserta.

Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengaku sangat senang sekali dengan kegiatan Condong Carnival Festival yang digelar oleh Pemerintah Desa Condong Kecamatan Gading dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI.

“Tentunya saya sangat senang sekali dengan Condong Carnival Festival ini. Artinya, masyarakat sudah mulai bergeliat dan berkegiatan setelah selama pandemi Covid-19 mungkin terbatas. Saya melihat masyarakat sudah mulai ramai dan tentunya ini akan berdampak pada pemulihan ekonomi masyarakat,” katanya.

Melalui kegiatan ini Wabup Timbul mengharapkan masyarakat utamanya di Kabupaten Probolinggo akan bersemangat lagi bersama-sama untuk membangun Kabupaten Probolinggo.

“Dengan kebersamaan dan kekompakan dari seluruh elemen masyarakat ini tentunya siap untuk mendukung Pemerintah Daerah dalam membangun Kabupaten Probolinggo,” terangnya.

Sementara Ketua panitia Muh. Nuriman menyampaikan seluruh peserta Condong Carnival Festival 2022 ini akan dinilai oleh dewan juri dari Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Diskopar) Kabupaten Probolinggo dan Kecamatan Gading.

“Kriteria penilaiannya meliputi kreatifitas, tema serta apresiasi dari masyarakat ketika melewati panggung kehormatan. Nantinya mereka akan mendapatkan hadiah yang sudah disiapkan dengan hadiah utama satu ekor sapi bagi juara 1 dan 2 kategori umum,” ujarnya.

Sehubungan dengan adanya Condong Carnival Festival 2022 ini Nuriman meminta maaf kepada masyarakat karena ada penutupan akses jalan dan diberikan pengalihan arus lalu lintas.

“Bagi masyarakat yang akan ke Krucil dan Tiris bisa melalui Wangkal atau Pesawahan dan sebaliknya. Jika melihat pengalaman sebelumnya, kegiatan ini bisa berakhir sampai jam 10 malam. Hasil penilaian juri akan disampaikan nanti malam dan penyerahan hadiahnya,” pungkasnya. (wan)