Tuesday, May 21, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Plt Bupati Timbul Serahkan Santunan Anak Yatim

Plt Bupati Timbul Serahkan Santunan Anak Yatim

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Untuk memuliakan sekaligus membahagiakan anak yatim di Kabupaten Probolinggo, Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyerahkan santunan kepada anak yatim di momentum 10 Muharram 1444 Hijriyah, Senin (8/8/2022) di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Probolinggo H. Ahmad Muzammil, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo H. Akhmad Sruji Bahtiar, Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Probolinggo Didik Abdul Rohim dan Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Probolinggo Hj. Nurayati.

Secara keseluruhan, santunan ini diserahkan kepada 1.300 orang anak yatim se- Kabupaten Probolinggo, bantuan kaki palsu pada disabilitas, penyerahan 5000 mushaf Al-Qur’an dan bantuan dana senilai 25 juta untuk kegiatan khitanan masal dengan peserta 100 anak yang tidak mampu. Dimana bantuan ini secara simbolis diterima oleh 9 (sembilan) penerima.

Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyatakan sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah SAW sangat mencintai anak yatim. Mengacu pada perilaku Rasulullah SAW tersebut, sebagai umat muslim patut untuk menyantuni, memelihara dan memuliakan anak yatim. “Dengan memuliakan anak yatim, Insya Allah kita akan diberikan keutamaan yakni dekat dengan Rasulullah di surga,” katanya.

Menurut Plt Bupati Timbul, pada momentum 10 Muharram bulan yang mulia dengan menyelenggarakan santunan anak yatim ini sebagai bentuk kepedulian untuk berbagi serta meringankan beban para anak yatim dan sesama yang membutuhkan.

“Terlebih perekonomian mereka yang telah terdampak pandemi Covid-19. Hal ini menjadi upaya bersama untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Sementara Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo H. Ahmad Muzammil menambahkan kegiatan santunan ini digelar bekerjasama dengan Korwil Bidang Pendidikan dan Kebudayaan se-Kabupaten Probolinggo yang berhak menerima santunan sebanyak 1300 anak. Untuk kegiatan saat ini, secara simbolis dihadiri 50 anak dari Korwil Bidang Dikbud Kecamatan Dringu untuk menerima santunan.

“Bantuan yang akan diserahkan ini berasal dari Baznas Kabupaten Probolinggo tidak lain adalah untuk berbagi dan meringankan terutama pada anak-anak yatim. Upaya yang dilakukan Baznas Kabupaten Probolinggo memberikan kemaslahatan untuk mengantarkan anak yatim menjadi manusia yang baik, berkesempatan, berilmu dan produktif,” ungkapnya. (y0n)