Wednesday, October 20, 2021
Depan > Kemasyarakatan > PDP Asal Desa Sogaan Dimakamkan di Pemakaman Khusus COVID-19

PDP Asal Desa Sogaan Dimakamkan di Pemakaman Khusus COVID-19

Reporter : Syamsul Akbar
GENDING – Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Kabupaten Probolinggo yang sedang menjalani perawatan di RSUD Tongas meninggal dunia, Jum’at (5/6/2020) siang. Selanjutnya yang bersangkutan dimakamkan dengan menerapkan protokol kesehatan pemakaman COVID-19 di areal pemakaman khusus COVID-19 di Desa Curahsawo Kecamatan Gending.

Juru Bicara Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto mengatakan PDP yang meninggal dunia tersebut adalah seorang perempuan berusia 62 tahun dari Desa Sogaan Kecamatan Pakuniran. Yang bersangkutan ini sebenarnya sudah lama dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara Porong.

“Karena yang bersangkutan merupakan warga Kabupaten Probolinggo akhirnya dirujuk ke RSUD Tongas. Setelah ditracking ternyata yang bersangkutan sudah lama berdomisili di Porong dan di Kecamatan Pakuniran sudah tidak ada keluarga,” katanya.

Menurut Anang, untuk penyakitnya banyak mulai dari kencing manis, jantung koroner, sesak napas dan ada pneumoli. Yang bersangkutan sudah dilakukan rapid test dan hasilnya non reaktif. Selain itu juga sudah dilakukan pemeriksaan swab sebanyak dua kali tetapi hasilnya masih belum keluar.

“Untuk penanganan proses pemakaman dianggap sebagai penyakit infeksius sehingga menggunakan protokol pemakaman COVID-19. Dimana petugas yang memakamkan menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) lengkap,” jelasnya.

Hingga saat ini jumlah PDP di Kabupaten Probolinggo sebanyak 61 orang atau sama dengan sehari sebelumnya dengan keterangan 3 orang dalam pengawasan, 38 orang selesai diawasi dan 20 orang meninggal dunia. (wan)