Depan > Pemerintahan > Plt Bupati Timbul Buka Workshop Peningkatan Profesionalisme SDM PKH

Plt Bupati Timbul Buka Workshop Peningkatan Profesionalisme SDM PKH

Reporter : Wahed Efendi
KRUCIL – Plt Bupati Probolinggo Drs. HA Timbul Prihanjoko membuka workshop peningkatan profesionalisme Sumber Daya Manusia Program Keluarga Harapan (SDM PKH) di Rest Area Betek Kecamatan Krucil, Selasa (2/8/2022).

Kegiatan yang diikuti 290 SDM PKH se-Kabupaten Probolinggo tersebut dihadiri anggota DPR RI Dapil II Jawa Timur dr. H. Mufti Aimah Nurul Anam, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto, Koordinator Wilayah Jawa Timur 1 Ir. M. Zainul Arifin, Kepala Dinas Sosial Achmad Arif dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Edy Suryanto.

Workshop yang digelar oleh Paguyuban SDM PKH Kabupaten Probolinggo ini dilakukan dalam rangka mensinergikan potensi SDM PKH agar dapat melakukan percepatan program, penyelesaian program dan membuat kebersamaan yang bisa melahirkan kegiatan-kegiatan yang sifatnya mandiri.

Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengatakan tugas pendamping PKH tidak hanya melaksanakan program PKH, tetapi menjadi tugas pekerja sosial yang mempunyai tugas dan fungsi yang yang luas dan kompleks. Diantaranya disabilitas, ODHA/HIV, anak terlantar, lansia, ODKB, ODGJ, stunting dan permasalahan kemiskinan.

“Saya berharap kepada pendamping PKH untuk bersinergi dengan pemerintah dalam hal memberantas permasalahan-permasalahan yang ada di Kabupaten Probolinggo terutama pengentasan kemiskinan. Saya mempunyai target bahwa kemiskinan ekstrim di Kabupaten Probolinggo sudah terhapus pada tahun 2024,” katanya.

Lebih lanjut Plt Bupati Timbul meminta kepada para pendamping PKH untuk menganalisa kebutuhan-kebutuhan riil dalam masyarakat, kebutuhan desa satu dengan desa yang lain pastinya tidaklah sama, sehingga dalam pengambilan kebijakan-kebijakan, Pemerintah akan lebih terarah program-programnya. “Saya akan sangat berterima kasih sekali kepada pendamping PKH, apabila ada yang menyampaikan permasalahan-permasalahan tersebut,” jelasnya.

Menurut Plt Bupati Timbul, selain bertugas menyalurkan dan mengawal program pemerintah dalam hal memilih siapa yang berhak dan siapa yang tidak berhak, tugas pendamping PKH adalah bagaimana mampu mengubah mindset masyarakat Kabupaten Probolinggo dan memberikan penyadaran kepada masyarakat untuk menerima dan mensyukuri pemberian Allah SWT.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada para pendamping PKH dan para kepala desa yang ikut berkontribusi dalam menyelesaikan masalah sosial khususnya masalah kemiskinan yang ada di Kabupaten Probolinggo,” tegasnya.

Sementara anggota DPR RI dr. H. Mufti Aimah Nurul Anam berharap kepada pendamping PKH agar selalu tetap semangat untuk berbuat kebaikan di tengah masyarakat, karena tidak semua orang bisa menjadi SDM PKH. “Harapan kami ketika mereka mempunyai kesempatan itu untuk bisa dioptimalkan untuk berbuat kebaikan di tengah masyarakat,” ungkapnya. (hed)