Depan > Kemasyarakatan > Lomba Tarik Tambang Putri Semarakkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI

Lomba Tarik Tambang Putri Semarakkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dalam rangka untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Kecamatan Kraksaan menggelar lomba Tarik tambang putri, Rabu (3/8/2022) pagi.

Kegiatan yang digelar di halaman Kantor Kecamatan Kraksaan ini diikuti oleh 22 orang peserta dari Kecamatan Kraksaan, Korwil Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Kraksaan, 5 kelurahan dan 13 desa di Kecamatan Kraksaan.

Lomba tarik tambang putri ini disambut dengan sangat antusias oleh masyarakat. Terlebih kegiatan ini sudah 2 tahun vakum karena pandemi Covid-19. Sejumlah kepala desa dan lurah serta korwil terlihat turut mendampingi timnya masing-masing agar mampu meraih kemenangan.

Teriakan demi teriakan terus terdengar dari para supporter yang memberikan dukungan agar timnya mampu tampil agresif dan mengalahkan lawannya. Sementara para pemain terlihat jatuh bangun untuk mengimbangi tarikan dari lawannya.

Dari hasil pertandingan tersebut, tim dari Desa Kandangjati Wetan sukses menjadi juara 1 usai mengalahkan tim dari Desa Asembagus yang harus puas menjadi juara 2. Sementara juara 3 diraih tim dari Desa Tamansari usai mengalahkan tim dari Korwil Bidang Dikbud Kecamatan Kraksaan.

Selain lomba tarik tambang putri, ada juga lomba tenis meja, lomba poskamling, lomba bola volly plastik tertutup dan lomba makan krupuk suami istri. Semua lomba tersebut diikuti oleh semua desa dan kelurahan serta instansi terkait yang ada di Kecamatan Kraksaan.

Camat Kraksaan Ponirin mengatakan kegiatan lomba-lomba ini digelar dalam rangka untuk memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Tujuannya ingin membangkitkan semangat masyarakat untuk nasionalisme dan patriotisme serta mengingatkn kepada masyarakat bahwa kemerdekaan itu tidak gratis.

“Dulu kemerdekaan itu diraih dengan darah dan air mata, tidak hanya jiwa dan raga tetapi juga harta. Kita sekarang memperingati HUT ke-77 kemerdekaan ini supaya masyarakat tetap ingat bahwa Indonesia ini merdeka dan mensyukuri nikmat merdeka itu karena kita bisa melakukan apapun dengan bebas,” katanya.

Melalui kegiatan ini Ponirin mengharapkan masyarakat supaya senang menyambut kemerdekaan RI dan menghibur masyarakat agar semua baik tua maupun muda bersama-sama untuk memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

“Saya mengharapkan di tingkat desa dan kelurahan kami juga melakukan kegiatan yang sama sehingga semua masyarakat betul-betul menikmati dan mensyukuri kemerdekaan kita ini,” terangnya.

Sementara Lurah Patokan Miske Puspita Dewi menyambut baik kegiatan lomba-lomba dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di wilayah Kecamatan Kraksaan.

“Tentunya kegiatan ini sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Pasalnya sudah 2 tahun kegiatan ini tidak ada karena masih pandemi Covid-19. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa mengobati kerinduan masyarakat,” ungkapnya. (wan)