Tuesday, June 25, 2024
Depan > Pemerintahan > Pemkab Probolinggo Gelar FGD Pendidikan dan Pembinaan Politik

Pemkab Probolinggo Gelar FGD Pendidikan dan Pembinaan Politik

Reporter : Maman
PROBOLINGGO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) menggelar Forum Group Discussion (FGD) Pendidikan dan Pembinaan Politik di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa, Selasa (7/11/2023).

FGD dipimpin oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto yang sore itu hadir bersama anggota Forkopimda Kabupaten Probolinggo.

Diskusi ini diikuti oleh seluruh Kepala OPD dan Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

Membuka diskusi sore itu, Pj. Sekda Heri Sulistyanto dalam pengantarnya menjelaskan dua isu penting yang dibahas pada acara tersebut, yaitu kesiapsiagaan terhadap potensi terjadinya bencana alam dan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) terutama menghadapi tahun politik 2024.

Selanjutnya satu persatu anggota Forkopimda atau yang mewakili menyampaikan paparan terkait dia isu utama tersebut.

Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardana menekankan pentingnya kesiapsiagaan personel dan peralatan yang siap digunakan jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

“Yang harus diperhatikan juga, penanganan bencana harus dilakukan secara komprehensif dengan melibatkan semua unsur terkait,” tegasnya.

Kaplores Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa’bani menegaskan adanya upaya nyata untuk memperkecil dampak jika terjadi bencana. Yang penting juga untuk dilakukan adalah antisipasi sebelum bencana terjadi.

Sementara Komandan Kodim 0820/Probolinggo yang diwakili Pasi Intel Kodim 0820/Probolinggo menjelaskan pentingnya latihan kesiapsiagaan bencana yang melibatkan semua unsur terkait, termasuk juga kesiapan dan kelancaran komunikasi

Terkait netralitas ASN, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo David P. Duarsa menjelaskan beberapa ketentuan hukum yang mengatur tentang netralitas ASN termasuk beberapa pose yang dilarang.

Ketua Pengadilan Negeri Kraksaan I Made Yuliada menyinggung tentang dampak media sosial terhadap perilaku masyarakat menjelang tahun politik. Ia mengingatkan agar masyarakat bijak dalam bermedia sosial.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo menyampaikan terima kasih atas suasana kondusif yang masih terjaga di Kabupaten Probolinggo.

Di penghujung acara, Pj. Sekda Heri Sulistyanto memberi penekanan untuk melakukan inventarisasi bencana dan segera menggelar rapat koordinasi kesiapsiagaan bencana.

Pj. Sekda Heri juga meminta agar segera dilakukan ikrar atau deklarasi netritas Kepala Desa dan Perangkat Desa se Kabupaten Probolinggo.

Dijelaskan oleh Pj. Sekda Heri, Pemerintah Kabupaten Probolinggo telah melaksanakan secara serentak, Pembacaan Ikrar Bersama dan Penandatanganan Pakta Integritas Netralitas Pegawai di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo Tahun 2023 dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum Legislatif, Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024.(m4n)