Sunday, May 19, 2024
Depan > Pemerintahan > BPPKAD Terima Studi Komparasi Migrasi Aplikasi e-BMD BPKAD Kabupaten Tegal

BPPKAD Terima Studi Komparasi Migrasi Aplikasi e-BMD BPKAD Kabupaten Tegal

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Probolinggo menerima kunjungan studi komparasi migrasi aplikasi E-BMD dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Tegal, Senin (4/12/2023).

Rombongan dari BPKAD Kabupaten Tegal sejumlah 10 orang yang diketuai oleh Sekretaris BPKAD Kabupaten Tegal Bangun Nuraharjo ini diterima oleh Kepala Bidang Pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) BPPKAD Kabupaten Probolinggo Hellen Ari Hermawan beserta tim dari Bidang Pengelolaan BMD di ruang rapat Bidang Pengelolaan BMD BPPKAD Kabupaten Probolinggo.

Sekretaris BPKAD Kabupaten Tegal Bangun Nuraharjo mengungkapkan kunjungan studi komparasi terkait migrasi aplikasi E-BMD di Kabupaten Probolinggo ini dilakukan dalam persiapan migrasi penggunaan aplikasi SIMDA BMD ke aplikasi E-BMD sesuai mandat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 47 Tahun 2021 Tentang Tata Cara Pelaksanaan Pembukuan, Inventarisasi dan Pelaporan Barang Milik Daerah.

“Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal memilih studi komparasi ke Pemkab Probolinggo karena Pemkab Probolinggo adalah salah satu Pemerintah Daerah di Indonesia yang sudah mengimplementasi penggunaan aplikasi E-BMD,” ujarnya.

Sementara Kepala Bidang Pengelolaan Barang Milik Daerah BPPKAD Kabupaten Probolinggo Hellen Ari Hermawan mengatakan hal-hal yang harus dipersiapkan untuk pelaksanaan penggunaan aplikasi E-BMD. “Mulai dari tahapan-tahapan ketika melaksanakan migrasi dan kendala yang dihadapi saat migrasi maupun penggunaan aplikasi E-BMD,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan sharing ilmu dan pengalaman baik dari Pemkab Probolinggo maupun Pemkab Tegal terkait pengelolaan BMD secara umum. (wan)