Tuesday, March 5, 2024
Depan > Pemerintahan > Dishub Tutup Jalan Liar di Perlintasan Sebidang Kereta Api

Dishub Tutup Jalan Liar di Perlintasan Sebidang Kereta Api

Reporter : Syamsul Akbar
SUMBERASIH – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo melakukan penutupan jalan-jalan liar di sepanjang jalur perlintasan kereta api sebidang yang ada di wilayah Kabupaten Probolinggo.

Penutupan jalan-jalan liar yang dibuat oleh penduduk ini dilakukan karena tidak memenuhi kaidah-kaidah yang berlaku. Salah satunya jalan tersebut tidak terdaftar sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 94 Tahun 2018 Tentang Peningkatan Keselamatan Perlintasan Sebidang Antara Jalur Kereta Api Dengan Jalan.

Kepala Dishub Kabupaten Probolinggo Taufik Alami mengatakan penutupan jalan-jalan liar ini bertujuan untuk mengurangi terjadinya kecelakaan di perlintasan sebidang kereta api. Karena memang jalan-jalan di perlintasan sebidang kereta api ini ada ketentuannya.

“Artinya tidak semua masyarakat bisa memasang atau membuat jalan di perlintasan sebidang kereta api karena ada ketentuannya. Oleh karena itu harus kita tutup demi keselamatan bersama,” katanya.

Menurut Taufik, penutupan jalan-jalan liar ini dilakukan untuk menindaklanjuti hasil rapat koordinasi (rakor) yang digelar di ruang Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dishub Kabupaten Probolinggo.

“Kebetulan saat rakor tersebut kami mengundang khusus Daerah Operasi (DAOP) IX Jember, jajaran kepolisian dan Camat. Intinya, kita ingin bersama-sama ikut menjaga keselamatan transportasi di perlintasan sebidang kereta api,” terangnya.

Dengan adanya penutupan jalan-jalan liar di perlintasan sebidang kereta api ini Taufik mengharapkan tidak terjadi kecelakaan di perlintasan kereta api. “Semoga ke depan keselamatan transportasi baik di jalan raya, jalan umum, perlintasan kereta api, perairan darat dan laut aman tidak terjadi kecelakaan,” pungkasnya. (wan)