Tuesday, June 25, 2024
Depan > Pemerintahan > BPPKAD Gelar Rakor Persiapan Pemeriksaan BPK Perwakilan Jatim 2024

BPPKAD Gelar Rakor Persiapan Pemeriksaan BPK Perwakilan Jatim 2024

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Probolinggo menggelar rapat koordinasi (rakor) persiapan pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Timur Tahun Anggaran 2024 di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, Rabu (6/3/2024).

Rakor yang dibuka oleh Kepala Bidang Pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) BPPKAD Kabupaten Probolinggo Hellen Ari Hermawan ini diikuti oleh seluruh pengurus barang Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi langkah awal dalam persiapan pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan yang akan dimulai pada hari ini sehingga pengurus barang sudah siap dengan seluruh data-data yang diperlukan ketika ada pemeriksaan pada OPD masing-masing,” kata Kepala BPPKAD Kabupaten Probolinggo Kristiana Ruliani melalui Kepala Bidang Pengelolaan BMD Hellen Ari Hermawan.

Selama kegiatan mereka mendapatkan materi dari narasumber dari BPPKAD Kabupaten Probolinggo. Terdiri dari Kepala Sub Bidang Penatausahaan dan Penggunaan BMD Arik Setyowati, Kepala Sub Bidang Penilaian, Pemindahtanganan, Pemusnahan dan Penghapusan BMD Niken Rachmini dan Jabatan Fungsional Analis Keuangan Pusat dan Daerah Samsul Arifin.

Materi yang disampaikan antara lain persiapan dokumen apa saja yang akan diminta oleh auditor pada saat audit dan mendorong masing-masing OPD untuk segera melakukan inventarisasi dan mengusulkan penghapusan terhadap barang-barang yang sudah tidak dimanfaatkan/dipergunakan.

Sekaligus penjelasan tentang indikator penilaian Monitoring Centre for Prevention (MCP) Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK-RI) tahun 2024 beserta langkah-langkah dalam memenuhi indikator khusus Pengelolaan BMD. (wan)