Tuesday, June 25, 2024
Depan > Pemerintahan > Kejari Musnahkan BB Perkara Tindak Pidana Inkracht

Kejari Musnahkan BB Perkara Tindak Pidana Inkracht

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Probolinggo menggelar pemusnahan 139 jenis Barang Bukti (BB) perkara tindak pidana yang telah berkekuatan hukum tetap atau inkracht, Rabu (7/2/2024) siang.

Kegiatan pemusnahan BB yang dilaksanakan di halaman Kantor Kejari Kabupaten Probolinggo tersebut dihadiri oleh Kepala Kejari (Kajari) Kabupaten Probolinggo David P Duarsa, Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardhana, Ketua Pengadilan Negeri Kraksaan I Made Yuliada dan sejumlah perwakilan instansi pemerintahan diantaranya Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Probolinggo Heri Mulyadi.

Proses pemusnahan tumpukan barang bukti itu dilakukan tim Kejari Kabupaten Probolinggo bersama-sama Forkopimda melalui berbagai macam metode sesuai dengan klasifikasinya, seperti diblender, dipotong, dibakar dan direndam.

Kepala Kejari Kabupaten Probolinggo, David P Duarsa mengatakan barang bukti yang dimusnahkan berasal dari berbagai perkara tindak pidana yang telah dinyatakan incracht terhitung sejak bulan Juli 2023 sampai dengan Desember 2023.

David mengemukakan barang bukti yang di dimusnahkan ini mulai dari narkotika, perjudian, penyalahgunaan BBM bersubsidi, pencurian, persetubuhan/pencabulan, uang palsu, pil koplo, kependudukan, pembakaran, penadahan, pengrusakan, penganiayaan, serta UU darurat (senjata api dan sajam).

“Gelar kegiatan ini bertujuan memberikan pengaruh yang positif bagi penegakan hukum di Indonesia khususnya terhadap tindak pidana yang telah inkracht. Untuk mencegah adanya penyalahgunaan terhadap benda sitaan dan barang bukti ini maka pemusnahan ini diselenggarakan secara profesional, akuntabel dan transparan,” katanya. (dra)