Friday, May 24, 2024
Depan > Pemerintahan > Pemkab dan OJK Malang Audiensi Bahas Perkembangan Perekonomian Masyarakat

Pemkab dan OJK Malang Audiensi Bahas Perkembangan Perekonomian Masyarakat

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Malang melakukan audiensi membahas perkembangan perekonomian masyarakat di Rumah Dinas Wakil Bupati Probolinggo, Kamis (10/3/2022) sore.

Kegiatan ini dihadiri oleh Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko dan Kepala OJK Malang Sugiarto Kasmuri. Turut mendampingi Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Probolinggo Dewi Korina, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Probolinggo Santiyono dan Inspektur Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo.

Audiensi ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang perkembangan perekonomian masyarakat yang didukung penuh OJK tentang perbankan. Sekaligus undangan bagi Plt Bupati Probolinggo untuk acara peresmian Kantor OJK Malang.

Kepala OJK Malang Sugiarto Kasmuri mengungkapkan kegiatan ini dimaksudkan untuk menyampaikan suatu hal penting kepada Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Yakni, informasi tentang perkembangan sektor jasa keuangan (perbankan) sesuai pertumbuhan permintaan kredit di Kabupaten Probolinggo yang sudah mencapai lebih Rp 6 triliun diakhir Desember 2021.

“Dua daerah yang telah memiliki pertumbuhan dan berkembang sektor ekonominya yaitu Malang Raya dan Kabupaten Probolinggo. Untuk Kabupaten Probolinggo telah mendominasi dari sektor pertanian dan perdagangannya,” ujarnya.

Menurut Sugiarto, pertumbuhan kreditnya telah mencapai kisaran 4,7%. Permintaan kredit pada UMKM sudah tumbuh dengan luar biasa secara komposisi lebih baik dari kabupaten/kota yang lain. Yakni sudah mencapai 43% dari jumlah rata-rata sekitaran 40%,

“Artinya permintaan kredit UMKM dalam situasi pandemi semakin meningkat. Hal ini membuktikan bahwa situasi pandemi ini masa pemulihan recovery ekonomi di Kabupaten Probolinggo menunjukkan pergerakan ke arah yang lebih baik dan positif,” tegasnya.

Sementara Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengatakan Pemerintah Kabupaten Probolinggo mendukung penuh item-item penting yang disampaikan oleh OJK Malang. Tentunya tim khusus yang menangani bidang ekonomi melakukan analisa dan mencari permasalahan-permasalahan yang dapat menghambat peningkatan perekonomian Kabupaten Probolinggo.

“Dari hasil laporan OJK ini telah menunjukkan bahwa masyarakat Kabupaten Probolinggo telah bangkit perekonomiannya dan sudah produktif usahanya. Semakin berkembang dan produktif usahanya. Tentunya masyarakat Kabupaten Probolinggo akan sejahtera,” katanya. (y0n)