Depan > Informasi Layak Anak > Lomba Mewarnai Motif Batik Semarakkan Festival Kemilau Batik

Lomba Mewarnai Motif Batik Semarakkan Festival Kemilau Batik

Reporter : Syamsul Akbar
GENDING – Dalam rangka untuk menyemarakkan Festival Kemilau Batik tahun 2022 di obyek wisata Pantai Bentar Desa Curahsawo Kecamatan Gending, Adikarya Perajin Batik Bordir dan Asesoris (APBBA) Kabupaten Probolinggo menggelar lomba mewarnai motif batik, Sabtu (16/7/2022).

Lomba mewarnai motif batik yang terdiri dari kategori RA dan kategori TK ini diikuti oleh ratusan siswa RA dan TK se-Kabupaten Probolinggo. Hasilnya akan dinilai berdasarkan kriteria harmoni warna, motorik serta kerapian/finishing.

Dewan juri yang bertugas terdiri dari Wulandoko dari SLB Negeri Gending, Indah Sari dari Dewan Kesenian Kabupaten Probolinggo dan Meilanny RN dari APBBA Kabupaten Probolinggo.

Ketua APBBA Kabupaten Probolinggo Mahrus Ali mengatakan desain yang akan diwarnai itu tercanting dan bukan foto copian. Jadi motifnya menggunakan canting malan sebagai motifnya. “Ini semi membatik tapi menggunakan kertas,” katanya.

Menurut Mahrus, lomba mewarnai motif batik ini bertujuan untuk mengenalkan batik Kabupaten Probolinggo sejak usia dini kepada anak didik RA dan TK. “Harapannya dengan kegiatan ini anak-anak dan orang tua lebih mengenal tentang batik dan cinta terhadap batik,” jelasnya.

Dari hasil penilaian dewan juri, untuk kategori RA juara 1 diraih oleh Salwa Zdakirotul Haq dari RA Umi Sundari Kecamatan Kraksaan, juara 2 diraih Tsuwaibatul Aslamiyah dari RA Miftahul Ulum Kecamatan Banyuanyar, juara 3 diraih Hanindya Zahwa Primaning Hady dari RA Ulul Ilma Darajat Kecamatan Sumberasih, harapan 1 diraih Siti Aminah Abror dari RA Umi Sundari Kecamatan Kraksaan, harapan 2 diraih Febrizo Zaidan Annabil dari RA Dewi Masyitoh Kecamatan Maron serta harapan 3 diraih Lusizah Zahirah dari RA Al Fadilah Kecamatan Leces.

Untuk kategori TK, juara 1 diraih Alvaro dari TK Tunas Muda Kecamatan Dringu, juara 2 diraih Sarah dari TK Aisyah Bustanul Kecamatan Banyuanyar, juara 3 diraih Adyua Alya dari TK Taruna 02 Kecamatan Leces, harapan 1 diraih Zhaska Alita dari TK Kemala Bhayangkari Kecamatan Tongas, harapan 2 diraih Chayra dari TK Nusantara Kecamatan Tiris serta juara 3 diraih Syanum Az Zahra dari TK Aisyiah Bustanul Kecamatan Kraksaan. (wan)