Sunday, May 19, 2024
Depan > Pendidikan > 146 CGP Ikuti Lokakarya 3 PGP Angkatan 7

146 CGP Ikuti Lokakarya 3 PGP Angkatan 7

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sebanyak 146 orang Calon Guru Penggerak (CGP) dan 27 orang Pengajar Praktik (PP) yang ditetapkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI tahun 2022 mengikuti lokakarya 3 Program Guru Penggerak (PGP) angkatan 7 oleh Balai Besar Guru Penggerak Jawa Timur di SMKN 1 Kraksaan, Sabtu (11/3/2023).

Kegiatan ini diawali dengan kegiatan Pendampingan Individu (PI) 3 dengan Tema “Impelemntasi Pembelajaran yang Berpihak Pada Murid”. Peran Pengajar Praktik (PP) selama kegiatan Pendampingan Individu adalah mengunjungi lembaga sekolah CGP masing-masing pada rentang waktu mulai 2 hingga 10 Maret 2023.

Banyak hal yang dapat didiskusikan bersama selama pendampingan individu di sekolah para CGP masing-masing, termasuk merumuskan visi, misi dan progam yang dapat meningkatkan dalam berkomitmen memberikan dukungan yang besar kepada CGP dan program guru penggerak.

Hasil pendampingan individu yang diperoleh akan dilokakaryakan dan difasilitasi oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Timur yang dipimpin oleh Gatot bersama tim teknis sebanyak 9 orang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikdaya) Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi melalui Analis Kebijakan Ahli Muda Massajo mengatakan lokakarya 3 CGP angkatan 7 tahun 2023 ini bertujuan memberikan pembelajaran untuk mendapatkan visi, misi dan program yang berdampak pada murid. “Hal yang perlu dilakukan adalah mendengarkan kebutuhan semua warga sekolah dengan kegiatan mengambil pembelajaran dan menggali mimpi semua warga sekolah,” katanya.

Menurut Massajo, perubahan dapat dimulai dari hal kecil di lingkungan sekitar untuk terwujudnya pembelajaran yang berdampak pada murid. Selain itu, gotong royong, kerja sama dan kolaborasi penting untuk melakukan perubahan dan mewujudkan sebuah program yang berdampak pada murid.

“Perpaduan antara Pendampingan Individu dan lokakarya 3 hari ini, gool yang ingin dicapai atau hasil refleksi dari simulasi dan penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Hasil refleksi dari praktik mindfulness dan integrasi 5 kompetensi sosial emosional dalam praktik mengajar. Strategi berbagi pengalaman belajar dengan rekan sejawat mengenai pembelajaran berdiferensiasi dan kompetensi sosial emosional,” tegasnya.

Sebagai dasar pelaksanaan lokakarya 3 CGP angkatan 7 adalah surat undangan peserta dari BBGP Nomor :1332/B7.4.07/2023 tanggal 3 Maret 2023 dan ditindaklanjuti dengan Surat Tugas Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Probolinggo Nomor : 094/1376/426.101/2023 (bagi jenjang PAUD, SD dan SMP).

Sedangkan peserta dari jenjang SMA/SMK surat resminya diterbitkan oleh Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Probolinggo yang turut mendampingi kegiatan Kasi SMA/SMK Sucipto.

“Saya sebagai tim panitia lokal yang ditugaskan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Probolinggo berharap pelaksanaan ini berjalan lancar sukses dan berprestasi,” pungkasnya. (wan)