Depan > Kesehatan > Pemkab Berikan Pelayanan Vaksinasi Booster Bagi ASN dan Anggota Gerakan Koperasi

Pemkab Berikan Pelayanan Vaksinasi Booster Bagi ASN dan Anggota Gerakan Koperasi

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dalam rangka menyemarakkan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-75 tahun 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Probolinggo akan memberikan pelayanan vaksinasi booster di ruang pertemuan Tengger Kantor Bupati Probolinggo, Senin (18/7/2022).

Kegiatan pelayanan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster ini akan dilakukan usai upacara peringatan Hari Koperasi Nasional ke-75 tahun 2022 di halaman Kantor Bupati Probolinggo di Kota Kraksaan.

Pelayanan vaksinasi booster ini diberikan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Probolinggo yang belum melakukan vaksinasi booster. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mencapai herd immunity dan mendukung percepatan pencapaian vaksinasi booster.

Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Mujoko mengungkapkan saat ini gerakan vaksinasi di Kabupaten Probolinggo mulai sangat melemah.

“Untuk itu dengan adanya momentum Hari Koperasi Nasional ini kita menghimbau kepada seluruh ASN yang belum booster untuk melakukan vaksinasi booster dulu. Sebab capaian vaksinasi booster kita masih sekitar 10 persen dari target. Sementara target dari pusat harus mencapai 70 persen,” ungkapnya.

Mujoko menerangkan sebenarnya untuk vaksinasi booster ini sebagian besar ASN sudah melakukannya. Hanya saja pihaknya tetap mengundang dan memfasilitasi ASN yang belum booster. “Target kita sebagaimana arahan dari Kemenkes adalah 70 persen harus tercapai apapun alasannya,” jelasnya.

Untuk itu Mujoko menghimbau kepada seluruh ASN yang belum booster untuk memanfaatkan momentum dalam rangka Hari Koperasi Nasional ini untuk bisa melakukan booster. Ini menunjukkan ASN sebagai role model sudah booster semua. Harapannya ASN yang belum booster betul-betul bisa hadir dan akhirnya bisa dilihat masyarakat bahwa ASN sangat patuh untuk booster.

“Dengan begitu juga akan ditiru oleh masyarakat yang lain. Melalui booster terus terang satu sisi menunjukkan kepatuhan kita terhadap instruksi yang diberikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan meningkatkan herd immunity bagi yang bersangkutan,” tegasnya.

Sementara Kepala DKUPP Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto mengatakan pelayanan vaksinasi booster dalam momentum Hari Koperasi Nasional ke-75 ini dilakukan untuk mendukung pencapaian herd immunity, khususnya di kalangan ASN dan anggota gerakan koperasi.

“Koperasi sebagai ekonomi kerakyatan memiliki dimensi sosial yang selalu hadir dalam setiap momentum sosial dalam mendukung Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Pelayanan vaksinasi booster ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Koperasi Nasional ke-75 tahun 2022,” katanya.

Menurut Anung, pelayanan vaksinasi booster ini merupakan salah satu bentuk sinergitas yang dilakukan oleh DKUPP Kabupaten Probolinggo bersama dengan Dinkes dan Dewan Koperasi Indonesia untuk membangun masyarakat koperasi untuk sehat.

“Untuk itu, kita mengajak segenap ASN dan anggota Gerakan Koperasi Kabupaten Probolinggo yang belum booster untuk dapat mengikuti vaksinasi booster Covid-19 pada tanggal 18 Juli 2022 di ruang pertemuan Tengger Kantor Bupati Probolinggo,” pungkasnya. (wan)