Depan > Berita Terkini > Logistik Pilkades Serentak Mulai Digeser ke Desa

Logistik Pilkades Serentak Mulai Digeser ke Desa

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Logistik untuk Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 250 desa se-Kabupaten Probolinggo mulai dilakukan pergeseran dari kecamatan ke desa, Rabu (16/2/2022).

Kegiatan ini diawali dengan apel bersama di kantor kecamatan dipimpin oleh Forkopimka. Apel pergeseran logistik ini diikuti oleh para Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Desa, personil TNI/Polri serta linmas.

“Pergeseran logistik Pilkades serentak dari kecamatan ke desa ini dilakukan pengawalan oleh personil TNI dan Polri serta Panlih Desa,” kata Kepala Bidang Penataan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo Nur Rachmad Sholeh.

Menurut Nur Rachmad, logistik Pilkades dari kecamatan ini langsung digeser dan ditaruh di balai desa. Logistik ini bermalam di kantor desa dan besoknya maksimal jam 05.00 WIB pagi sudah harus berada di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Jadi posisinya logistik Pilkades ini bermalam di balai desa dan bukan di TPS. Itu bagi TPS yang mudah untuk dijangkau. Namun jika medannya sulit nanti bisa menyesuaikan,” jelasnya.

Nur Rachmad menambahkan logistik ini nantinya harus bergeser hari itu juga ke kantor kecamatan setelah penghitungan rekapitulasi suara di desa selesai. Logistik ini tidak boleh bermalam di desa setelah penghitungan suara selesai.

“Secara umum pelaksanaan pergeseran logistik Pilkades ini berjalan dengan aman, lancar dan terkendali. Kami berpesan jaga kekondusifitas Kabupaten Probolinggo agar senantiasa damai, sentosa serta tetap disiplin protokol kesehatan,” pungkasnya. (wan)