Depan > Pemerintahan > 602 Personel Gabungan Siap Amankan Pilkades Serentak 2022

602 Personel Gabungan Siap Amankan Pilkades Serentak 2022

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Jelang proses pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Probolinggo, Polresta Probolinggo menggelar Apel Gelar Pasukan dalam rangka Pengamanan Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahap Il, Rabu (16/2/2022) di halaman Polresta Probolinggo.

Kegiatan ini dihadiri oleh Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko didampingi Kapolresta Probolinggo AKBP Wadi Sa’bani serta para Camat yang masuk pada wilayah hukum Polres Probolinggo Kota.

Apel gelar pasukan ini melibatkan 602 personel yang nantinya siap untuk menjalankan tugas pengamanan proses pelaksanaan Pilkades serentak di wilayah Kecamatan Wonomerto, Sumberasih dan Tongas. Secara simbolis 4 (empat) anggota dari masing-masing satuan disematkan pita tanda operasi.

Sebanyak 263 personel dari berbagai daerah yang berkontribusi melakukan pengamanan TPS diantaranya berasal dari Polres Lumajang sebanyak 35 personel, Polres Situbondo sebanyak 21 personel, Polres Bondowoso sebanyak 35 personel, Polres Jember sebanyak 36 personel, Polres Banyuwangi sebanyak 36 personel dan BKO Brimob Polda Jatim sebanyak 100 personel. Sedangkan Polresta Probolinggo sendiri menyiapkan pasukan sebanyak 193 personel dan anggota TNI menyediakan satu pleton.

Usai apel pasukan, Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko, Kapolresta Probolinggo AKBP Wadi Sa’bani beserta Danramil Mayangan perwakilan Kodim 0820 Probolinggo melakukan pengecekan personil dari TNI/Polri dan Satpol PP yang berasal dari luar Kabupaten Probolinggo sebagai kesiapan dalam menjalankan tugas pengamanan Pilkades serentak di Kabupaten Probolinggo.

Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko berharap seluruh personel yang bertugas menjaga keamanan harus dapat memetakan potensi kerawanan yang ada di masing-masing desa yang menggelar pelaksanaan Pilkades.

“Kerawanan yang terjadi dapat diatasi sejak dini agar supaya seluruh tahapan Pilkades bisa dipahami dan dapat meminimalisir terhadap gangguan keamanan dan kesehatan pada protokol kesehatan,” ujarnya.

Menurut Plt Bupati Timbul, para personel dalam melakukan tugas pengamanan dan berupaya menciptakan situasi prosesi pemilihan kepala desa yang aman dan kondusif. “Seluruh komponen masyarakat dan mitra Kamtibmas harus bekerja sama dengan baik agar supaya rangkaian kegiatan tahapan Pilkades dapat berjalan dengan baik, aman, tertib dan lancar,” terangnya.

Sementara Kapolresta Probolinggo AKBP Wadi Sa’bani menambahkan sasaran-sasaran untuk dilakukan pengamanan yaitu panitia pemilihan beserta peserta pemilih suara, barang logistik dan kegiatan pemungutan suara maupun proses penghitungan suara. “Personel yang bertugas berkewajiban memback up apabila terjadi permasalahan yang menimbulkan kericuhan,” katanya. (y0n)