Depan > Kemasyarakatan > Karang Taruna Salurkan Bantuan Logistik Bagi Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Karang Taruna Salurkan Bantuan Logistik Bagi Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Reporter : Syamsul Akbar
LUMAJANG – Setelah melakukan penggalangan dana open donasi selama seminggu, Karang Taruna Kabupaten Probolinggo menyalurkan bantuan sosial (bansos) bagi warga terdampak erupsi Gunung Semeru, Sabtu (11/12/2021).

Sekitar pukul 10.00 WIB, rombongan sebanyak 40 orang pengurus Karang Taruna Kabupaten Probolinggo ini berangkat dan dilepas secara resmi oleh Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Probolinggo Siti Maryam menuju ke Kabupaten Lumajang.

Rombongan Karang Taruna Kabupaten Probolinggo yang menggunakan 5 (lima) kendaraan ini tiba di lokasi sekitar pukul 16.00 WIB dan diterima di Pos Centre Kementerian Sosial (Kemensos) RI di Desa Penanggal Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang dan Pos Penyaluran Tagana Kabupaten Probolinggo.

Bantuan sosial yang diberikan meliputi sembako/kebutuhan pokok dasar, air mineral, susu formula bayi, susu kaleng, pembalut, masker, pempers, baju dalam wanita (BH), selimut, peralatan mandi (sabun pasta gigi dan deterjen), kantong plastik sampah, minyak goreng, mie instan, snack/makanan siap saji serta uang tunai.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Probolinggo Siti Maryam mengaku sangat bangga atas apa yang sudah dilakukan oleh pengurus Karang Taruna Kabupaten Probolinggo dalam merespon kejadian erupsi Gunung Semeru.

“Saya angkat topi dan acungkan jempol. Dalam waktu seminggu bisa mengumpulkan dana hingga puluhan juta. Semua ini dilakukan tanpa lelah dan pamrih demi membantu saudara-saudara kita yang terdampak erupsi Gunung Semeru. Karang Taruna Kabupaten Probolinggo memang benar-benar relawan sejati,” katanya.

Tidak lupa Siti Maryam mendoakan agar seluruh pengurus Karang Taruna Kabupaten Probolinggo senantiasa diberikan nikmat sehat dan nikmat sempat hingga bisa tetep berbuat kebaikan. Semoga langkah dan niatannya dari Kabupaten Probolinggo menuju ke Kabupaten Lumajang dicatat sebagai amal baik dan shodaqoh.

“Terima kasih kepada semua donatur yang telah menyisihkan sebagian harta mereka buat saudara-saudara kita yang terdampak erupsi Gunung Semeru. Tetap semangat Karang Taruna Kabupaten Probolinggo. Kaya dan sukses selalu Karang Taruna Kabupaten Probolinggo,” tegasnya.

Sementara Ketua Karang Taruna Kabupaten Probolinggo Yunita Nur Laili mengungkapkan kegiatan ini dimaksudkan sebagai bentuk tanggungjawab sosial menjunjung tinggi nilai-nilai pengabdian pada bangsa dan negara sekaligus wujud dari kepedulian sosial.

“Terima kasih atas kekompakan dan kebersamaan yang diberikan oleh seluruh pengurus Karang Taruna Kabupaten Probolinggo, pengurus kecamatan dan desa. Ini membuktikan bahwa Karang Taruna peka terhadap kejadian erupsi Gunung Semeru. Bagaimana dengan respon cepat berbuat untuk membantu warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru,” ujarnya.

Yunita mengharapkan agar kerja sama, kebersamaan dan kekompakan yang sudah terjalin dengan baik ini dapat ditingkatkan pada kegiatan-kegiatan yang akan datang. “Tidak lupa saya mendoakan semoga seluruh pengurus Karang Taruna Kabupaten Probolinggo senantiasa diberikan kesehatan agar bisa terus berkarya dan berdedikasi bagi sesama,” pungkasnya. (wan)