Monday, April 19, 2021
Depan > Kemasyarakatan > DKPP Serahkan Bantuan Bahan Pangan 5,1 Ton Beras

DKPP Serahkan Bantuan Bahan Pangan 5,1 Ton Beras

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Sebagai upaya untuk mengantisipasi kelangkaan pangan di tengah-tengah masyarakat karena dampak wabah Corona Virus Disease (COVID-19), Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Probolinggo menyerahkan bantuan bahan pangan beras.

Bahan pangan beras dari cadangan pangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo ini diserahkan Kepala Bidang Ketahanan Pangan DKPP Kabupaten Probolinggo Syafi’i kepada Posko Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo, Rabu (6/5/2020).

Bantuan bahan pangan beras yang diserahkan untuk menangani dampak wabah COVID-19 ini mencapai 1.020 paket yang masing-masing paket dikemas 5 kg. Total bantuan bahan pangan beras yang diberikan mencapai 5,1 ton.

“Selama ini bahan pangan beras ini disimpan di gudang cadangan pangan yang berada di BPP Paiton. Dimana cadangan pangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dikelola oleh DKPP Kabupaten Probolinggo,” kata Kepala DKPP Kabupaten Probolinggo Nanang Trijoko Suhartono melalui Kepala Bidang Ketahanan Pangan Syafi’i.

Menurut Syafi’i, pengelolaan cadangan pangan Pemerintah Kabupaten Probolinggo ini diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) Probolinggo Nomor 107 Tahun 2016. Dimana dalam pasal 8 disebutkan penyaluran cadangan pangan Pemerintah Daerah dilakukan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan untuk penanganan tanggap darurat akibat bencana, pengendalian harga pangan tertentu bersifat pokok, bantuan pangan untuk masyarakat miskin dan rawan pangan.

“Sesuai Dispo dari Ibu Bupati, bantuan bahan pangan beras ini diserahksn ke Posko Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo untuk selanjutnya didistribusikan ke masyarakat terdampak COVID-19,” jelasnya.

Syafi’i menerangkan bantuan bahan pangan beras ini diberikan dengan tujuan untuk membantu masyarakat Kabupaten Probolinggo yang terdampak bencana non alam COVID-19. “Harapannya bantuan bahan pangan beras ini bisa meringankan beban mayarakat yang terkena dampak COVID-19 dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,” harapnya. (wan)

cww trust seal