Wednesday, October 27, 2021
Depan > Informasi Layak Anak > K3S Monev Pasien Cacat Bawaan dan Kelainan Khusus

K3S Monev Pasien Cacat Bawaan dan Kelainan Khusus

Reporter : Mujiono
LECES – Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kabupaten Probolinggo melakukan monitoring evaluasi (monev) berupa kunjungan rumah pasien cacat bawaan dan kelainan khusus pasca operasi maupun yang belum mendapatkan penanganan medis.

Kegiatan monitoring dan evaluasi sekaligus pemberian bantuan paket sembako untuk 77 pasien di 20 kecamatan cacat bawaan dan kelainan khusus pasca operasi maupun yang belum tertangani se-Kabupaten Probolinggo yang terdata.

Pasien-pasien di 20 kecamatan yang cacat bawaan dan kelainan khusus pasca operasi maupun yang belum mendapatkan penanganan medis diantaranya pasien di Kecamatan Leces, Tegalsiwalan, Banyuanyar, Gending, Pajarakan, Maron, Tiris, Gading, Pakuniran, Krejengan, Paiton, Kotaanyar, Lumbang, Sumberasih, Wonomerto, Sukapura, Bantaran, Kuripan, Sumber dan Tongas.

Untuk kegiatan awal, Senin (4/10/2021), K3S monev pasien yang ada di tiga kecamatan diawali di Kecamatan Leces, Tegalsiwalan dan Banyuanyar. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Umum K3S Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko beserta pengurus yang tujuannya adalah ingin mengetahui kondisi pasien yang sudah dioperasi maupun pasien yang akan mengikuti operasi.

“Program layanan kesehatan khususnya balita yang menderita cacat bawaan dan kelainan khusus merupakan program K3S Kabupaten Probolinggo berperan dalam mengatasi permasalahan kesehatan dan membantu kesejahteraan keluarga. Baik membantu pengobatan dan membantu melakukan operasi pasien cacat bawaan dan kelainan khusus,” katanya.

Istri Plt Bupati Probolinggo ini menjelaskan kunjungan ke rumah pasien atau monitoring evaluasi ini kerap dilakukan untuk memantau perkembangan pasien pasca operasi dengan maksud agar supaya pasien tersebut benar-benar sehat. Program K3S ini mengatasi permasalahan kesehatan dan dapat meringankan penderitaan keluarga pasien.

“Bantuan juga diberikan kepada para pasien atau keluarga pasien baik pasca operasi maupun yang belum mendapatkan penanganan medis. Semoga bantuan yang diberikan oleh K3S ini bermanfaat dan membantu untuk kesejahteraan keluarga,” harapnya. (y0n)