Monday, December 6, 2021
Depan > Kemasyarakatan > KONI Berikan Pendampingan Administrasi SPj Cabor

KONI Berikan Pendampingan Administrasi SPj Cabor

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Probolinggo memberikan pendampingan administrasi Surat Pertanggungjawaban (SPj) cabang olahraga (cabor), Senin (4/10/2021).

Kegiatan yang diikuti oleh Sekretaris atau Bendahara cabor ini dihadiri oleh Wakil Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo Suhud, Inspektur Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo serta narasumber dari Badan Keuangan Daerah Kabupaten Probolinggo dan Inspektorat Kabupaten Probolinggo.

Wakil Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo Suhud mengatakan pendampingan administrasi SPj cabor ini dilakukan agar masing-masing cabor memahami cara pelaporan keuangannya sehingga benar-benar bagus dan professional.

“Pendampingan administrasi SPj cabor ini dilakukan untuk membimbing cabor ke jalan yang benar agar tidak ada masalah ke depannya dalam hal pelaporan SPj masing-masing cabor,” katanya.

Suhud mengharapkan ke depan cabor yang mendapatkan alokasi anggaran pembinaan olahraga dari KONI benar-benar dapat dimanfaatkan dan dipergunakan sebaik mungkin demi kemajuan dan prestasi atlet.

“Selanjutnya untuk pelaporan SPj agar benar-benar disiplin waktu dan penggunaan anggaran benar-benar dimanfaatkan sesuai dengan mekanisme dan proposalnya untuk kemajuan olahraga. Sebab banyak atlet-atlet prestasi yang telah dibina oleh KONI sehingga Kabupaten Probolinggo menjadi gudangnya atlet berprestasi,” tegasnya.

Sementara Inspektur Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo mengungkapkan pihaknya diundang untuk mendampingi dalam proses akuntabilitas keuangan cabor dibawah naungan KONI Kabupaten Probolinggo. “Jadi kemajuan olahraga ini harus didukung oleh manajemen olahraga prestasi di cabor masing-masing dan manajemen anggaran KONI Kabupaten Probolinggo,” ujarnya.

Menurut Tutug, setiap tahun KONI mengajukan anggaran ke Pemkab Probolinggo. Setiap tahun KONI diberikanlah alokasi anggaran untuk pembinaan olahraga di Kabupaten Probolinggo. Sebab KONI memfasilitasi usulan olahraga yang disusun bersama seluruh cabor.

“Begitu KONI dapat dana hibah dan sebagian besar diserahkan ke masing-masing cabor agar mampu melaksanakan anggaran ini untuk meningkatkan prestasi. Kita lakukan evaluasi bersama-sama, rencana, pelaksanaan dan pertanggungjawabannya seperti apa. Mari belajar bersama untuk menemukan sesuatu yang tidak sesuai dengan rencana. Tentu ada alasan dan pertimbangannya,” tegasnya.

Tutug menjelaskan pihaknya bersama Disporaparbud dan KONI selalu bersinergi. Poin pentingnya, belajar bersama dan semakin banyak menemukan kekurangan maka akan semakin bagus karena akan diperbaiki di masa yang akan datang. “Semua anggaran yang digunakan harus dipertanggungjawabkan sesuai dengan aturan yang berlaku,” pungkasnya. (wan)