Friday, May 24, 2024
Depan > Pemerintahan > Inspektorat Gelar Bimtek Penilaian Mandiri e-SPIP Asesor Pemda dan Asesor Satker

Inspektorat Gelar Bimtek Penilaian Mandiri e-SPIP Asesor Pemda dan Asesor Satker

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Inspektorat Kabupaten Probolinggo menggelar bimbingan teknis (bimtek) dan pendampingan penilaian mandiri elektronik Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (e-SPIP) Asesor Pemda dan Asesor Satker di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, Selasa dan Rabu (5-6/7/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh 54 OPD se-Kabupaten Probolinggo yang dihadiri oleh Kasubbag Perencanaan dan Operator di masing-masing OPD. Selama pelaksanaan bimtek ini didampingi oleh Tim BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Timur.

Bimtek penilaian mandiri se-SPIP Asesor Pemda dan Asesor Satker ini ditutup secara resmi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto.

Dalam kesempatan tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto mengatakan penilaian maturitas penyelenggaraan SPIP terintegrasi mencakup penilaian atas tiga komponen.

“Tiga komponen tersebut diantaranya penetapan tujuan, struktur-proses dan pencapaian tujuan yang menghasilkan nilai maturitas penyelenggaraan SPIP, nilai penerapan Manajemen Risiko (MRI) dan nilai Indeks Efektifitas Pencegahan Korupsi (IEPK) serta kapabilitas APIP,” katanya.

Heri meminta agar seluruh OPD berkomitmen untuk meraih maturitas SPIP Level 3 sebagai bukti kinerja pemerintah daerah dalam meraih keberhasilan reformasi birokrasi, Zona Integritas, MCP KPK, kapabilitas APIP serta peran Tim Asesor OPD, Tim Asesor Pemda agar optimal dalam melaksanakan tugasnya.

“Peserta bimtek agar segera mengimplementasikan penginputan aplikasi e-SPIP dengan penetapan tujuan, struktur dan proses dan pecapaian tujuan serta segera melakukan penilaian mandiri, OPD segera menyusun Managemen Risiko (MRI) meliputi identifikasi risiko, penilaian risiko dan rencana pengendalian risiko untuk rencana kegiatan 2023 dan OPD segera menyelesaikan target 7 (tujuh) hari setelah bimtek dan pendampingan ini,” jelasnya.

Lebih lanjut Heri mengharapkan kegiatan bimtek ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh seluruh OPD dalam rangka mencapai tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

“Kami mewakili Pemerintah Kabupaten Probolinggo mengucapkan terima kasih kepada tim BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Timur yang telah meluangkan waktu memberikan bimbingan dan pendampingan penilaian mandiri e-SPIP. Semoga dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik serta mewujudkan keadilan melalui tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih,” pungkasnya. (wan)