Depan > Kemasyarakatan > Disperindag Lakukan Koordinasi dan Konsultasi Gudang ke SRG Kabupaten Grobogan

Disperindag Lakukan Koordinasi dan Konsultasi Gudang ke SRG Kabupaten Grobogan

Reporter : Syamsul Akbar
GROBOGAN – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo bersama Direktur PT Cipta Usaha Agro Niaga (CUAN) Prabowo selaku Pengelola Gudang Sistem Resi Gudang (SRG) Alassumur Kulon Kecamatan Kraksaan melakukan koordinasi dan konsultasi gudang SRG ke Kabupaten Grobogan, Rabu (19/1/2022).

Kehadiran rombongan Disperindag Kabupaten Probolinggo dan Direktur PT CUAN Prabowo ini disambut oleh Sekretaris Disperindag Kabupaten Grobogan Muhadi, Kepala Bidang Perdagangan Indri Agus Velawati dan Jabatan Fungsional Pengembangan.

Sekretaris Disperindag Kabupaten Grobogan Muhadi mengungkapkan Kabupaten Grobogan akan memberikan kiat-kiat jitu agar para petani berminat menaruh gabah mereka ke gudang SRG serta gudang SRG dapat berjalan dan sukses seperti yang diharapkan oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Republik Indonesia

“Kabupaten Grobogan akan membantu Kabupaten Probolinggo dalam pendampingan dan memberi pelatihan pengelolaan dan kelayakan dalam penerbitan resi SRG agar dapat dimanfaatkan oleh petani sebagai sertifikat jaminan dalam peminjaman dana talangan di bank penjamin,” ujarnya.

Sementara Plt Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo Moh. Natsir mengatakan kunjungan ke Kabupaten Grobogan ini bertujuan untuk melakukan koordinasi dan konsultasi terkait pengembangan dan pemanfaatan gudang.

“Kabupaten Grobogan termasuk percontohan Bappebti Kementerian Perdagangan Republik Indonesia terdekat di Indonesia. Gudang SRG yang berhasil itu salah satunya ada di Kabupaten Grobogan,” katanya.

Menurut Natsir, Kabupaten Grobogan menggunakan koperasi sebagai pengelola gudang. Tujuan utama terbentuknya gudang SRG untuk membantu para petani dalam mengatasi permodalan dalam musim tanam selanjutnya.

“Dengan adaya gudang SRG ini petani dapat menunda jual gabah/beras di saat panen raya agar harga meningkan dan stabil. Hal ini dilakukan sebagai sarana stabilisasi harga gabah dan beras di petani dan masyarakat,” jelasnya.

Natsir menegaskan Kabupaten Grobogan akan membantu Kabupaten Probolinggo dalam menjembatani dan mengkomunikasikan ke pihak Bappebti agar secepatnya diterbitkan resi gudang di SRG Kabupaten Probolinggo yang dikelola oleh PT Cipta Usaha Argo Niaga pada musim panen bulan Pebruari 2022.

“Harapannya pengelola SRG Kabupaten Probolinggo dapat meniru bahkan mengembangkan apa yang sudah dilakukan oleh SRG Kabupaten Grobogan. Selain itu dapat menjadi percontohan dari wilayah Jawa Timur serta dapat membantu para Gapokta dan Poktan serta petani dalam pendanaan pada musim tanam dan membantu pemasaran agar harga gabah dan beras tetap dalam kondisi stabil,” pungkasnya. (wan)

https://probolinggokab.go.id/wp-content/uploads/2019/01/slotmaxwin/ https://bali.bawaslu.go.id/assets/artikel/slotgacormaxwin/ https://slot.papuabaratprov.go.id https://www.rtpharmoni.id/ slot pulsa slot slot online slot88