Tuesday, October 26, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Kampoeng Kita Promosikan Batik Tulis Balqis dan Kopi Krucil

Kampoeng Kita Promosikan Batik Tulis Balqis dan Kopi Krucil

Reporter : Hendra Trisianto
GADING – Dalam rangka untuk mengenalkan potensi daerah kepada masyarakat luar Kabupaten Probolinggo, Kampoeng Hati Hotel & Resto Desa Condong Kecamatan Gading mempromosikan batik tulis Balqis dan Kopi Krucil, Sabtu (13/7/2019).

Promosi batik Balqis dan Kopi Krucil ini dilakukan untuk menyambut rombongan Keluarga Bukit Cemara Tujuh Malang. Rombongan yang dipimpin oleh Sulis ini tiba di Kampoeng Kita Hotel & Resto Probolinggo sekitar pukul 10.30 WIB.

Kedatangan rombongan ini disambut oleh pemilik Kampoeng Kita Sentot Yuswandono dan Owner Kampoeng Kita Galih Teguh Wahono serta perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) serta Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Probolinggo.

Begitu sampai di area Kampoeng Kita Hotel & Resto, rombongan Keluarga Bukit Cemara Tujuh Malang langsung disuguhi dengan pameran produk batik dan produk Kopi Krucil yang disusun sedemikian rupa. Bahkan dalam kesempatan tersebut, pengunjung juga bisa mencoba untuk mencanting di lembaran kain yang sudah ada motif batiknya.

Tidak hanya melihat-lihat saja, sebagian besar dari rombongan Malang ini ada yang memborong beberapa potong kain batik dengan corak khas Kabupaten Probolinggo. Penasaran dengan ukurannya, beberapa pengunjung juga ada yang membukanya untuk sekedar mengetahui panjang kain batiknya.

Pemilik Kampoeng Kita Hotel & Resto Sentot Yuswandono menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kedatangan dari rombongan Keluarga Bukit Cemara Tujuh Malang di Kampoeng Kita Hotel & Resto Probolinggo. Meskipun bentuknya sangat sederhana, tetapi fasilitas dan sarana prasarananya lengkap.

“Kami membangun Kampoeng Kita ini dengan satu misi untuk memperkenalkan potensi wisata yang ada di Kabupaten Probolinggo. Karena dari sini, destinasi wisata sangat mudah untuk dijangkau mulai dari arung jeram rafting, Kebun Teh Tiris, air terjun, kopi dan lain sebagainya. Kampoeng Kita dibangun dengan segala kerajinan UKM yang ada di Kabupaten Probolinggo. Ini merupakan salah satu upaya untuk memajukan Desa Condong Kecamatan Gading,” katanya.

Sementara Ketua Rombongan Keluarga Bukit Cemara Tujuh Malang Sulis mengucapkan terima kasih atas penyambutan dan fasilitas yang disediakan dengan harapan usaha yang dilakukan oleh Kampoeng Kita bisa semakin maju dan lancar.

“Terima kasih atas kekompakan yang telah diberikan untuk membantu terselenggaranya kegiatan ini. Semoga kegiatan ini bisa dilakukan secara rutin sambil mengenal potensi-potensi daerah yang kita jumpai di lapangan,” ungkapnya.

Sedangkan Hermawan Setyadi dari DPMD Kabupaten Probolinggo menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan rombongan dari Keluarga Bukit Cemara Tujuh Malang dengan harapan dapat menikmati potensi daerah yang dimiliki oleh Desa Condong Kecamatan Gading pada khususnya dan Kabupaten Probolinggo pada umumnya.

“Banyak potensi yang bisa dinikmati di Kabupaten Probolinggo. Mulai dari wisata alam, wisata kuliner hingga wisata lainnya. Namun untuk bisa menikmati semua potensi yang ada di Kabupaten Probolinggo tidak cukup jika hanya sehari,” katanya.

Terpisah Owner Kampoeng Kita Galih Teguh Wahono menyampaikan bahwa saat ini pihaknya sedang berupaya untuk fokus mengenalkan semua potensi yang ada di Kabupaten Probolinggo. Salah satunya adalah Batik Tulis Balqis dan Kopi Krucil.

“Kebetulan saat ini sedang ngetrend mengenai batik tulis dan kopi. Oleh karena itu melalui Kampoeng Kita, kami ingin mempromosikan Batik Tulis Balqis dan Kopi Krucil kepada masyarakat luas. Harapannya, kedua potensi ini bisa semakin dikenal oleh masyarakat baik dari dalam maupun luar Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya. (dra)