Depan > Kemasyarakatan > Disnaker Sosialisasikan BSU Kepada Perusahaan

Disnaker Sosialisasikan BSU Kepada Perusahaan

Reporter : Syamsul Akbar
PAITON – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Probolinggo memberikan sosialiasi Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada perusahaan-perusahaan yang ada di wilayah Kabupaten Probolinggo.

Selasa (27/9/2022), sosialisasi BSU ini dilakukan di PT Binor Jaya Abadi di Kecamatan Paiton. Sosialisasi tersebut digelar oleh Disnaker bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Syarat Kerja Disnaker Kabupaten Probolinggo Chrisna Wahyuningsih didampingi Mediator Hubungan Industrial Muda Disnaker Kabupaten Probolinggo Hermawan Setyadi.

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Syarat Kerja Disnaker Kabupaten Probolinggo Chrisna Wahyuningsih mengatakan kegiatan sosialisasi BSU ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman secara lengkap tentang program pemerintah kepada perusahaan.

“Program BSU ini merupakan bentuk bantuan pemerintah berupa subsidi gaji/upah yg diberikan kepada pekerja/buruh dengan tujuan untuk mempertahankan daya beli pekerja/buruh dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sebagai akibat kenaikan harga,” katanya.

Menurut Chrisna, hal tersebut sesuai dengan amanah Permenaker (Peraturan Menteri Tenaga Kerja) Nomor 10 Tahun 2022 Tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah bagi Pekerja/Buruh.

“Melalui kegiatan ini harapan kami bisa mengcover semaksimal mungkin penyampaian sosialisasi program BSU ini kepada perusahaan-perusahaan yang ada di wilayah Kabupaten Probolinggo,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, BPJS Ketenagakerjaan mengupas mekanisme, persyaratan, pengajuan klaim, pendataan calon penerima program hingga pencairan dana BSU kepada pekerja/buruh. Kegiatan tersebut sudah dilakukan kepada perusahaan-perusahaan dan kedepannya diupayakan memberikan sosialisasi secara berkelanjutan. (wan)