Friday, May 24, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Diskopar Gelar Festival Wisata Kuliner di Kecamatan Sumber

Diskopar Gelar Festival Wisata Kuliner di Kecamatan Sumber

Reporter : Mujiono
SUMBER – Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Diskopar) Kabupaten Probolinggo bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo menggelar festival wisata kuliner makanan khas Kecamatan Sumber, Minggu (9/10/2022) di Balai Desa Wonokerso Kecamatan Sumber

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko, Kepala Diskopar Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto dan Camat Sumber Widodo Hadi Siswanto.

Festival wisata kuliner makanan khas Kecamatan Sumber yang digelar dalam rangka pelaksanaan pemasaran pariwisata dalam dan luar negeri ini diikuti Tim Penggerak PKK se-Kecamatan Sumber yang terdiri dari 9 (sembilan) desa dan 7 (tujuh) dusun. Untuk Desa Wonokerso sendiri terdapat 7 (tujuh) dusun yang mengikuti lomba festival wisata kuliner.

Dari keputusan 3 (tiga) dewan juri diantaranya Sentot Soenaryo dari Perkumpulan Chef Profesional Indonesia, Iswahyuni Mahbub dan Bekti Dinarwati, diperoleh 4 (empat) juara untuk masing-masing kategori untuk mendapatkan hadiah yang diserahkan oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko.

Untuk kategori makanan juara pertama diraih oleh Desa Sumber, juara kedua diraih Dusun Ledoksari, juara ketiga diraih Dusun Windon dan juara harapan diraih oleh Dusun Tugusari. Sedangkan kategori makanan kudapan, juara pertama diraih oleh Desa Ledokombo, juara kedua diraih oleh Dusun Krajan, juara ketiga diraih oleh Desa Tukul dan juara harapan diraih desa Gemito.

Ketiga dewan juri juga melakukan penilaian dekorasi yang ada tiap-tiap peserta dan diambil tiga terbaik untuk menjadi pemenang. Juara pertama diraih oleh Desa Rambaan, juara kedua diraih oleh Desa Sumberanom dan juara ketiga diraih oleh Desa Cepoko.

Ketua Umum Dekranasda Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko menjelaskan dengan tradisi dan hasil pertanian masyarakat desa bisa diangkat melalui festival wisata kuliner. Potensi sumber daya alam telah dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai pendukung ketersediaan pangan. Beragam bahan baku diolah menjadi sebuah kuliner tradisional yang khas dan dapat dinikmati banyak orang sebagai wisata kuliner.

“Dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata ini telah menjawab kebutuhan para pelaku kuliner khususnya Tim Penggerak PKK beserta Ibu-ibu untuk meningkatkan SDM dan mampu berdaya saing. Bukan hanya mengoptimalkan potensi dan ide-ide saja, tetapi juga memanfaatkan potensi dari kearifan lokal atau budaya di Kabupaten Probolinggo,” katanya. (y0n)