Wednesday, December 1, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Pj Kepala Desa Kalisalam Bentuk Pokdarwis

Pj Kepala Desa Kalisalam Bentuk Pokdarwis

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Pj Kepala Desa Kalisalam Kecamatan Dringu Joko Tono Susanto, Rabu (24/11/2021) malam membentuk kelompok sadar wisata (pokdarwis) di Balai Desa Kalisalam. Pembentukan pokdarwis ini dilakukan karena Desa Kalisalam memiliki potensi yang sangat besar, salah satunya di sektor wisata pantai.

Prosesi pembentukan pokdarwis ini dihadiri oleh Ketua dan anggota BPD Kalisalam, Ketua RW dan RT se-Desa Kalisalam serta Ketua/Lembaga BUMDes, LKD, Karang Taruna, Kelompok Pemuda Grogol Bisa dan Kelompok Pemuda Gepeng Guyub.

Dalam jangka waktu dua bulan bertugas sebagai Pj Kepala Desa Kalisalam, Joko Tono Susanto mengaku melihat potensi yang sangat besar sehingga membuatnya tergerak untuk menyentuh potensi tersebut.

“Potensi tersebut adalah sebuah anugerah yang sangat bagus berupa sebuah potensi pantai. Maka dari itu saya mengajak semua eleman masyarakat Desa Kalisalam untuk berbuat dan melestarikan potensi tersebut. Mari mau diapakan potensi wisata Pantai Kalisalam,” katanya.

Menurut Joko, pembentukan pokdarwis ini merupakan langkah awal yang dilakukan yang nantinya bisa bekerja sama dalam bersinergi dengan Pemerintah Desa Kalisalam. Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis merupakan kelompok masyarakat yang bertugas menjaga dan mengembangkan wisata.

“Pada pembentukannya, Pokdarwis ini tidak lepas dari aturan yang dibuat oleh pemerintah. Artinya dari sini dapat dilihat bahwa keberadaan Pokdarwis memiliki dasar hukum kuat yang menjadi payung hukum dalam penyusunan pedoman Kelompok Sadar Wisata,” jelasnya.

Joko menerangkan tujuan Pokdarwis adalah menyediakan pedoman dalam rangka pembentukan dan pembinaan Kelompok Sadar Wisata yang dapat digunakan sebagai acuan bagi pemerintah maupun masyarakat serta pihak-pihak terkait. Sekaligus meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kepariwisataan di Desa Kalisalam.

“Adapun sasaran yang hendak dicapai adalah meningkatnya kualitas peran dan kontribusi Pokdarwis dalam mendukung pembangunan kepariwisataan di Desa Kalisalam serta meningkatnya kualitas pembinaan dan pemberdayaan Pokdarwis oleh pihak-pihak terkait dalam mendukung pengembangan kepariwisataan di Desa Kalisalam,” terangnya.

Lebih lanjut Joko mengharapkan dengan keberadaannya di Desa Kalisalam bersama warga masyarakat dan pokdarwis bisa membuka dan menggali potensi wisata untuk mengembangkannya sebagai destinasi wisata. “Produk hukum yang ada bisa menjadi pedoman yang akan dilakukan oleh Pemerintah Desa Kalisalam bersama Pokdarwis,” pungkasnya. (wan)