Friday, May 24, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Disdikdaya Gelar Pentas Seni Budaya Religi

Disdikdaya Gelar Pentas Seni Budaya Religi

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikdaya) Kabupaten Probolinggo menggelar pentas seni budaya bernuansa religi dan ceramah agama dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Probolinggo (Harjakapro) ke-277 tahun 2023 Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko bersama masyarakat di Alun-alun Kota Kraksaan, Sabtu (29/4/2023) malam.

Kegiatan ini dihadiri perwakilan Forkopimda, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto, Kepala Disdikdaya Fathur Rozi bersama sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, Koordinator Wilayah (Korwil) Kecamatan Bidang Dikdaya se-Kabupaten Probolinggo, Kepala Sekolah se-Kabupaten Probolinggo serta para ASN, guru dan tenaga pendidik se-Kecamatan Kraksaan dan sekitarnya.

Pentas seni budaya religi dan ceramah agama ini dimeriahkan oleh penampilan Mustafa “Debu” dan musik Padhang Howo yang menyajikan hiburan bernuansa religi menyejukkan hati. Serta penceramah KH Malik Sanusi dari Bondowoso. Kegiatan ini diawali dengan penampilan Tari Saman Aceh yang dibawakan oleh IGRA Kecamatan Kraksaan.

Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk semakin mempererat jalinan silaturahim antara pemerintah dengan masyarakat dan antar sesama warga masyarakat. Terlebih dalam suasana Idul Fitri ini adalah momentum yang tepat untuk saling bermaaf-maafan dan semakin memperkuat ikatan persaudaraan antar warga Kabupaten Probolinggo.

“Acara malam ini juga sebagai wujud rasa syukur atas Hari Jadi ke-277 Kabupaten Probolinggo yang tahun ini bertepatan dengan momentum bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1444 Hijriyah. Semoga membawa berkah bagi kita semua dalam upaya mewujudkan masyarakat Kabupaten Probolinggo yang berakhlakul karimah,” katanya.

Menurut Wabup Timbul, malam ini masyarakat diajak untuk mengapresiasi seni budaya bernuansa religi dan menyimak siraman rohani sebagai upaya untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Sekaligus ikhtiar batin untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Probolinggo yang berakhlakul karimah.

“Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh unsur pemerintahan, swasta dan semua elemen masyarakat yang telah mendorong terbangunnya suasana kondusif di Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Wabup Timbul menegaskan banyak pembangunan yang telah dilaksanakan dan kemajuan yang dicapai sekaligus juga tantangan dan persoalan yang harus menjadi perhatian seluruh komponen masyarakat ke depan. Oleh karena itu pihaknya mengajak seluruh komponen pemerintah, masyarakat dan dunia usaha untuk bersama-sama mengayunkan langkah mewujudkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Perkuat koordinasi dan komunikasi antara pemerintah, tokoh agama dan tokoh masyarakat beserta seluruh elemen masyarakat untuk saling memberi kontribusi dalam rangka mewujudkan Kabupaten Probolinggo yang baldatun toyyibatun warobbun ghofur,” tegasnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan pembacaan sholawat Nabi Muhammad SAW secara bersama-sama oleh Wabup Timbul, Mustafa Debu, KH Malik Sanusi, perwakilan Forkopimda, Sekda Ugas serta seluruh pejabat Pemkab Probolinggo dan masyarakat yang hadir di Alun-alun Kota Kraksaan. (wan)