Monday, April 22, 2024
Depan > Pendidikan > Disdikdaya Gelar FLS2N SMP Tahun 2023 Secara Daring

Disdikdaya Gelar FLS2N SMP Tahun 2023 Secara Daring

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikdaya) Kabupaten Probolinggo menggelar Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMP tahun 2023 tingkat Kabupaten Probolinggo secara daring, Selasa (30/5/2023).

FLS2N tahun 2023 ini mengambil tema “Merdeka Berprestasi, Talenta Seni Menginspirasi”. Tema ini bermakna harapan agar peserta didik memiliki kesempatan untuk berprestasi dan menggali potensi di bidang seni.

Untuk FLS2N tahun 2023 tingkat Kabupaten Probolinggo ada 3 (tiga) cabang lomba yang ditetapkan. Yakni, cabang lomba menyanyi solo dengan peserta 17 siswa, cabang lomba kreativitas musik tradisional dengan peserta dari 4 (empat) lembaga yang masing-masing beranggotakan 5 (lima) siswa dan cabang lomba tari kreasi dengan peserta dari 8 (delapan) lembaga yang masing-masing beranggotakan 3 (tiga) siswa.

Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SMP Disdikdaya Kabupaten Probolinggo Nurul Yaqin menyampaikan FLS2N SMP ini bertujuan memberikan pengalaman berkompetisi untuk mencapai sumber daya manusia yang unggul di bidang seni.

“Selain itu, menumbuhkembangkan etos berkesenian untuk mencapai prestasi yang tinggi dikancah Internasional, meningkatkan kreativitas peserta didik dalam bidang seni yang berakar pada budaya bangsa, membangun persahabatan dan karakter peserta didik yang toleran terhadap keberagaman serta mempererat persatuan dan kesatuan peserta didik seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Sementara Kepala Disdikdaya Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi melalui Kepala Bidang Pembinaan SMP Fakhrurrozi mengatakan penyelenggaraan FLS2N SMP ini merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan jiwa seni peserta didik SMP. Sebab melalui FLS2N SMP akan menumbuhkan rasa cinta terhadap seni sehingga akan memberikan inspirasi mereka untuk melestarikan kesenian Indonesia dan perlindungan terhadap kekayaan budaya bangsa.

“FLS2N SMP menggali potensi peserta didik sekolah menengah pertama di bidang seni budaya dan memberi dorongan sehingga timbul motivasi yang kuat untuk beraktualisasi diri dan berkompetisi secara sehat dalam mencapai puncak prestasi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki peserta didik SMP,” katanya.

Fakhrurrozi mengharapkan agar peserta didik SMP dapat mengembangkan ide-ide dan kreativitasnya di bidang seni serta karya-karya nyata yang diminati oleh peserta didik SMP ejak dini sampai kelak dewasa, sehingga rasa percaya diri terhadap kemampuan yang dimiliki semakin besar.

“Melalui FLS2N SMP ini diharapkan tumbuhnya sikap sportivitas dan kompetitif peserta didik SMP serta memberikan pengalaman bagi peserta didik untuk memahami makna keberagaman dan perbedaan, khususnya dalam hal seni budaya sebagai kekayaan dan kekuatan bangsa,” pungkasnya. (wan)