Tuesday, March 5, 2024
Depan > Pemerintahan > Wabup Timbul Lantik 8 Pejabat Fungsional

Wabup Timbul Lantik 8 Pejabat Fungsional

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko memimpin pelantikan dan pengambilan sumpah dalam jabatan fungsional pengelola pengadaan barang/jasa dan jabatan fungsional perencana di Kantor Bupati Probolinggo, Rabu (3/5/2023).

Pejabat fungsional yang dilantik dan diambil sumpahnya terdiri dari 7 orang pejabat fungsional pengelola pengadaan barang/jasa pada Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten Probolinggo dan 1 orang pejabat fungsional perencana pada Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Probolinggo.

Pelantikan dan pengambilan sumpah ini dihadiri oleh Wakil Ketua Umum MUI Kabupaten Probolinggo KH Wasik Hannan, Asisten Pemerintahan dan Kesra Heri Sulistyanto, Plt Asisten Administrasi Umum Edy Suryanto, Inspektur Tutug Edi Utomo, Kepala Dinas Kominfo Yulius Christian, Sekretaris BKPSDM Syamsul Huda, Kabag Hukum Priyo Siswoyo, Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Roby Siswanto serta perwakilan Bapelitbangda Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan ini diawali dengan kata-kata pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan oleh Wabup Timbul. Dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah janji jabatan secara simbolis oleh Elsandra Nurista Fibriyanti sebagai Pengelola Pengadaan Barang Jasa Muda Pada Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten Probolinggo didampingi Saksi Asisten Pemerintahan dan Kesra Heri Sulistyanto dan Plt Asisten Administrasi Umum Edy Suryanto. Serta penandatanganan pakta integritas secara simbolis oleh Oka Fery Sandi sebagai Perencana Muda pada Bapelitbangda Kabupaten Probolinggo.

Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko mengatakan pengadaan barang dan jasa merupakan bagian penting dari tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, khususnya dalam rangka pengelolaan keuangan Negara dan keuangan daerah. Oleh karena itu, pengadaan barangay/jasa pemerintah perlu manajemen yang kuat, termasuk kemampuan sumber daya manusia para pejabat fungsional pengadaan.

“Sedangkan perencanaan adalah kegiatan-kegiatan pengambilan keputusan dari sejumlah pilihan mengenai sasaran dan cara-cara yang akan dilaksanakan di masa depan guna mencapai tujuan yang diinginkan serta pengendalian, pemantauan dan penilaian atas perkembangan hasil pelaksanaannya yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan,” katanya.

Menurut Wabup Timbul, sektor pengadaan barang/jasa memang perlu dikawal secara ketat, karena sektor ini sering menimbulkan celah korupsi dan penyimpangan penggunaan anggaran. Karena itu, setiap pejabat pengadaan selalu dituntut untuk meningkatkan pengetahuan atau wawasan, meningkatkan kompetensi serta dedikasi dalam menjalankan tugas serta melahirkan inovasi-inovasi baru dalam melaksanakan percepatan kinerja.

“Saya berharap untuk pejabat yang baru dilantik agar nantinya dapat menjalankan tugasnya dengan baik serta inovatif sebagai pejabat fungsional pengadaan barang dan jasa serta pejabat fungsional perencanaan. Jalankan tugas dengan baik dan professional. Sebab tugas ini mengandung tanggung jawab untuk mengawal pengadaan barang dan jasa sessuai ketentuan dan peraturan yang berlaku,” pungkasnya. (wan)