Wednesday, June 16, 2021
Depan > Kesehatan > Berjemur Bagus Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

Berjemur Bagus Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengatakan sinar matahari merupakan sumber vitamin D yang baik bagi tubuh. Paparan sinar matahari (UVB) merupakan bahan untuk membuat vitamin D dalam tubuh.

“Secara umum, fungsi vitamin D bagi tubuh yaitu untuk metabolisme kalsium (baik bagi kepadatan dan perkembangan tulang), membantu kerja saraf dan otot, dapat mencegah terjadinya kanker dan yang saat pandemi ini kita butuhkan yakni vitamin D untuk meningkatkan imunitas tubuh,” katanya.

Menurut Dewi, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kadar 25-hidroxyvitaminD (bahan pembentuk vitamin D) ditemukan lebih rendah pada pasien COVID-19, kadar vitamin D juga ditemukan lebih rendah pada orang lanjut usia (populasi rentan COVID-19).

“Kekurangan vitamin D berkaitan dengan kasus COVID-19 yang berat dan adanya efek protektif vitamin D terhadap infeksi saluran pernafasan dan potensial untuk mencegah infeksi COVID-19,” jelasnya.

Lebih lanjut Dewi menerangkan vitamin D dapat diperoleh dari makanan (kuning telur, salmon, jamur dan lain-lain) atau yang paling mudah dan gratis serta bertahan 2x lebih lama dalam tubuh yaitu berjemur. Tapi ingat, segala sesuatu yang berlebihan juga tidak baik. Yang kita butuhkan adalah UVB, bukan UVA (yang dapat menyebabkan kulit keriput dan kerusakan sel kulit).

“Di Indonesia, intensitas UVB yang paling tinggi yaitu jam 10.00/jam 11.00 WIB sampai dengan jam 14.00-15.00 WIB. Sinar matahari yang dipancarkan jam 07.00-09.00 bisa merusak kulit, seperti kulit keriput dan dapat memicu kanker kulit karena memproduksi sinar UVA,” terangnya.

Dewi memberikan tips sehat berjemur. Diantaranya, jika kita berjemur lebih dari waktu yang ditentukan, maka 15-20 mnt sebelumnya oleskan sunscreen SPF》30. Pakai pakaian yang tipis agar lebih banyak paparan sinarnya.

“Jangan lupa saat berjemur gunakan kaca mata hitam. Berjemur juga boleh sambil berolahraga. Jangan sampai dehidrasi ya, bisa kok berjemur sambil minum air putih,” tegasnya.

Jika kita berjemur lebih dari waktu yang dianjurkan tambah Dewi, kita dapat mengetahui index sinar UV dengan aplikasi/cek google, semakin tinggi indeks UV-nya, maka semakin berbahaya bila terpapar sinar matahari lebih lama. “Mari manfaatkan sinar matahari pemberian Tuhan ini untuk meningkatkan imun. So, sekarang gak takut kena panas lagi kan??,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal