Depan > Kemasyarakatan > Anggota Satpol PP Ikuti Pembinaan Pelaksanaan Tugas On The Spot

Anggota Satpol PP Ikuti Pembinaan Pelaksanaan Tugas On The Spot

Reporter : Hendra Trisianto
PAITON – Pasca libur dan cuti lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Probolinggo melaksanakan kegiatan pembinaan teknis pelaksanaan tugas lapangan bagi anggota Satpol PP Kabupaten Probolinggo, Rabu, (11/4/2022) pagi di spot wisata Pantai Duta Desa Randutatah Kecamatan Paiton.

Selain penempaan fisik, pembinaan langsung on the spot di wilayah kerja tersebut bertujuan sebagai penguatan peran Satpol PP dalam penegakan Peraturan Daerah (Perda) terkait dengan penertiban tempat prostitusi, perijinan usaha serta ijin pertambangan dan tambak.

Rencananya pembinaan secara mandiri tersebut akan dilaksanakan secara bertahap. Untuk jadwal hari pertama pembinaan diberikan kepada 30 orang personil anggota Satpol PP wilayah timur yang berada di Kecamatan Paiton, Kotaanyar dan Besuk.

Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Satpol PP Kabupaten Probolinggo Hariyanto mengatakan, selain menciptakan kamtibmas, Satpol PP juga berperan penting dalam menegakkan Peraturan Daerah (Perda) yang dibuat oleh Pemerintah Daerah.

“Untuk itu dibutuhkan SDM yang profesional dan berkualitas. Kami harap pembinaan ini dimanfaatkan anggota dengan baik, sehingga dapat meningkatkan kapasitas dan kemampuan mereka saat bertugas di lapangan,” katanya.

Hariyanto menegaskan, pembinaan khusus on the spot ini juga memiliki fungsi pengawasan Satpol PP kepada para anggota yang bertugas di wilayah, utamanya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Satpol PP juga memiliki kewenangan terkait perijinan usaha tambang, tambak serta penertiban tempat prostitusi. Jangan sampai ada anggota Satpol PP yang menjadi beking di balik itu semua,” tegasnya. (dra)