Wednesday, October 27, 2021
Depan > Pemerintahan > KPU-Diskominfo Koordinasi Media Komunikasi Publik

KPU-Diskominfo Koordinasi Media Komunikasi Publik

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo bersama jajaran Sekretariat KPU Kabupaten Probolinggo melakukan silaturahim dengan Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo untuk koordinasi terkait media komunikasi publik, Selasa (9/2/2021).

Kegiatan yang dilakukan di ruang pertemuan Diskominfo Kabupaten Probolinggo ini dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Lukman Hakim bersama jajaran Komisioner KPU serta Sekretaris KPU Kabupaten Probolinggo Ulfiningtyas.

Kedatangan rombongan KPU Kabupaten Probolinggo ini diterima langsung oleh Kepala Diskominfo Kabupaten Probolinggo Yulius Christian didampingi Sekretaris Diskominfo Ali Kusno dan jajaran Diskominfo Kabupaten Probolinggo.

Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Lukman Hakim mengungkapkan media komunikasi publik sangatlah penting di era digitalisasi saat ini, apalagi di masa pandemi Covid-19. Masyarakat membutuhkan informasi yang sifatnya setiap saat dan mudah diakses.

“Kami datang kesini karena memang diminta oleh KPU pusat untuk melakukan koordinasi dengan Humas atau Dinas Kominfo yang ada di daerah agar tahu bagaimana cara penyebarluasan informasi. Paling tidak kami bisa belajar bagaimana bisa penyebarkan informasi dengan cepat dan tetap sasaran,” ungkapnya.

Sementara Kepala Diskominfo Kabupaten Probolinggo Yulius Christian menyambut baik kedatangan KPU Kabupaten Probolinggo untuk melakukan koordinasi media komunikasi publik.

“Saat ini Pemerintah Kabupaten Probolinggo memiliki beberapa media komunikasi publik mulai dari portal Kabupaten Probolinggo, Facebook, Youtube, Twitter, Instagram dan Radio Bromo FM,” katanya.

Menurut Yulius, mengelola media komunikasi publik itu adalah bagaimana bisa memilah konten yang akan disebarluaskan kepada masyarakat. Selain itu dalam mengupload informasi tersebut harus terjadwal waktunya dengan baik sehingga pesannya bisa diterima oleh masyarakat secara luas.

“Kita bisa cari prime time atau jam emas pada jam 7 pagi, 12 siang, 4 sore dan 7 malam. Tetapi yang tidak kalah penting yaitu informasi yang kita berikan harus selalu ada dan jangan sampai dalam sehari kita tidak memberikan informasi ataupun berita,” jelasnya.

Yulius menerangkan untuk Instagram saat ini pihaknya memiliki 2 akun Instagram. Yakni, akun infokab probolinggo dan endlessprobolinggo. Untuk akun infokab probolinggo untuk menyampaikan semua berita terkait kegiatan yang ada di Kabupaten Probolinggo. Sedangkan akun endlessprobolinggo berisikan berita-berita pilihan.

“Ke depan kita bisa saling bersinergi terkait pemberitaan, baik itu yang bersifat formal atau non formal. Apabila teman-teman KPU membutuhkan media untuk penyebarluasan informasi kami siap untuk membantu. Intinya informasi yang kita sampaikan bisa diterima dan diakses dengan mudah oleh masyarakat,” pungkasnya. (wan)